BENGKAYANG_Jum`at (4/8) Aula kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang telah dikondisikan  untuk pelaksanaan acara halal bi halal. Kursi-kursi dan meja-meja yang biasanya digunakan untuk kegiatan di Aula disingkirkan sementara, digantikan dengan karpet-karpet aneka warna. Sejak pukul 08.00 pagi para ASN telah mulai berkumpul dan mempersiapkan kegiatan yang biasa digelar di bulan Syawal ini.

Tepat pada pukul 09.45 Wib acara dimulai, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat H. Syahrul Yadi, M.Si yang didampingi oleh Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang H. Mi’rad, S.Ag  beserta jajarannya duduk di hadapan peserta kegiatan halal bi halal.

Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang H. Mi’rad, S.Ag  yang didalam sambutannya menyampaikan bahwa halal bi halal umumnya memang dilaksanakan pada bulan syawal, namun karena satu dan lain hal maka Halal bi halal ini baru dapat dilaksanakan setelah bulan Syawal, namun hal tersebut tidak akan mengurangi esensi dari halal bi halal itu sendiri.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembinaan kepada ASN di lingkungan kerja Kantor Kementerian Agama Bengkayang. H. Syahrul Yadi menyampaikan pembinaan dengan sejarah awal mula Halal bi halal, yang mana halal bi halal ini merupakan prakarsa dari seorang ulama NU yaitu KH. Wahab Chasbullah. Halal bi halal merupakan salah satu sarana silaturahmi untuk menyatukan berbagai macam golongan politik yang banyak pada saat itu, dan mulai dijadikan tradisi yang baik dan turun temurun hingga saat ini. Halal bi halal sendiri merupakan kegiatan yang hanya ada di Indonesia, ada juga negara lain yang melihat baiknya tradisi ini meniru kegiatan halal bi halal ini.

Halal bi halal ini merupakan wadah silaturahmi antar ASN, Penyuluh Agama, Kepala KUA, dan juga ibu-ibu DWP Kemenag Bengkayang. Pembinaan ASN kali ini kurang lebih berlangsung selama 60 menit. Setelah pembinaan, halal bi halal ditutup dengan pembacaan doa. (Akhzari)

Berita: