NGABANG – Bupati Landak dr. Karolin Margaret Natasa hadiri Halal Bi Halal yang diselenggarakan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) bersama Pemkab Landak dan Kementerian Agama Kabupaten Landak, Senin (24/07/17). Bertempat di Aula Kantor Bupati Landak, kegiatan yang mengangkat tema “kita eratkan silaturahmi dan kebersamaan menuju kesucian hati” dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Landak, pimpinan OPD se Kabupaten Landak, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Landak, Pengurus PHBI Kabupaten Landak, Camat se- Kabupaten Landak, Ketua dan Pengurus Paguyuban se Kabupaten Landak, Pemuka Agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat se Kabupaten Landak.

Karolin mengatakan Halal Bi Halal merupakan momentum untuk membangkitkan kembali kesadaran baru untuk kembali pada harkat kemanusiaan sebagai makhluk yang fitrah sesuai makna hakiki Idul Fitri. “Dengan semangat kemenangan dan hati yang fitrah tersebut, mari sama-sama kita jadikan kegiatan halal bi halal ini sebagai titik awal untuk berbenah diri, menyiapkan konsep, bekerja ikhlas, berkarya nyata, serta senantiasa berkontribusi dan berpartisipasi aktif dalam mempercepat tercapainya visi dan misi Kabupaten Landak tahun 2017 – 2022,” katanya. Dia menambahkan toleransi harus diutamakan untuk mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan kebersamaan antar umat beragama. “Toleransi itu bukan hanya kita menerima dan memahami keadaan orang disekitar kita tetapi kita juga harus menunjukan toleransi kita dengan sikap menghargai dan menghormati orang lain. Oleh karena itu dalam menjaga kerukunan antar sesama umat beragama, toleransi harus kita bangun dan utamakan,” tutur Karolin.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Landak Muhammad Natsir menjelaskan kegiatan Halal Bi Halal merupakan agenda rutin yang dilaksanakan umat Islam setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh dan Hari Raya Idul Fitri. “Halal Bi Halal merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh umat muslim di tanah air setelah selama satu bulan penuh menjalani puasa dan merayakan hari raya idul fitri sebagai bentuk mempererat tali silaturahmi dan rasa persaudaraan antara sesama makhluk ciptaan Allah,” jelasnya.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Landak yang telah memfasilitasi kegiatan tersebut dan diharapkan kedepan kegiatan serupa akan tetap terus dilaksanakan sebagai bentuk pembinaan pemerintah terhadap umat muslim di Kabupaten Landak. Hal senada juga diungkapkan Ketua PHBI Kabupaten Landak Ahmad Fauzi dalam sambutannya. “Atas nama Ketua PHBI dan rekan-rekan pengurus di Kabupaten Landak sangatlah patut kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang dengan penuh keikhlasan membantu terlaksananya kegiatan ini,” ucapnya.

Dia meminta semua pihak untuk mau melapangkan dada dan membuka hati dengan sabar dan memanjatkan ridho kepada Allah SWT dengan meminta maaf atas kesalahan dan khilaf baik disengaja maupun yang tidak disengaja. Kegiatan Halal Bi Halal tersebut di isi dengan tusiyah oleh Pimpinan Ponpes Nurul Islam Ngabang KH. Luqman Qosim.  Dia menyampaikan Halal Bi Halal merupakan sebuah tradisi bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh bangsa lain dan patut untuk dilestarikan.

“Halal Bi Halal merupakan produk asil nasional, produk yang mampu menjadi kebanggaan bagi kita semua karena dengan Halal Bi Halal ini bangsa kita mampu dipersatukan, rakyat dari seluruh komponen sehingga kita menjadi bangsa yang besar,” ungkapnya. Irvansuri/Pendis

Berita: