Setelah dibuka secara resmi oleh Pj Gubernur Kalimantan Barat Drs. Doddy Riyadmadji, MM, pada tanggal 1 Juli 2018, maka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXVII Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2018 dilanjutkan dengan pertandingan pada masing-masing lomba yang sesuai dengan cabang dan golongan pada tempat yang bèrbeda.

Pada hari Senin 2 Juli 2018 peserta Cabang Khattil Alqur’an Golongan Naskah dan Hiasan Mushaf siap mengikuti lomba di Aula Masjid Rayyan Pondok Pesantren Darussalam Sengkubang. Masing-masing utusan Kabupaten dan Kota se-Kalimantan Barat mengirimkan peserta putra dan putri, sehinga jumlah peserta untuk golongan ini sebanyak 48 orang.

Salah satu Dewan Hakim Cabang Khattil Alqur’an K.H. Tusirana menjelaskan bahwa seluruh peserta hadir pada cabang Khat Golongan naskah ini tepat pada waktunya yakni pukul 08.00 Wib, sehingga pelaksanaan kegiatan lomba berlangsung sesuai jadwal dan berakhir pada pukul 16.00 Wib.

“Waktu yang diberikan kepada peserta selama 8 Jam ditambah waktu istirahat, Shalat dan makan (Ishoma). Sedangkan kategori penilaian dari karya peserta terdiri dari dua jenis karya wajib dan karya pilihan,” tambah Tusirana dilokasi kegiatan.

Selain itu beliau menuturkan bahwa ada beberapa kendala yang sering dihadapi peserta saat mengikuti lomba golongan naskah ini, yaitu terkadang peserta terlena dan asyik membuat seni pada tulisan yang ada, sehingga ada tanda baca yang kurang dan ada pula yang berlebihan, sehingga hal ini menjadi catatan dewan hakim dalam pemberian nilai.

Selaku Ketua Majelis Hakim, Tusirana berharap agar peserta dapat berkarya sebaik mungkin, karena peserta terbaik akan diutus untuk mewakili Kalimantan Barat pada MTQ XXVII  tingkat Nasional di Padang, Sumatera Utara pada bulan Oktober mmendatang. (Ir-Inmas)