Pada hari ini, Jumat, 17 Nopember 2017 telah dilaksanakan KKG / MGMP Rayon 4 (guru-guru yang PAK yang mengajar di Kec. Ngabang, Kec. Jelimpo, Kec. Air Besar dan Kec. Kuala Behe), ada juga yang hadir dari Kec. Sengah Temila. Jumlah peserta yang hadir sekitar 53 orang guru PAK. Narasumber yang diundang Panitia adalah Drs. Timotius Chandra yang pernah menjadi Kepala Sekolah BPK Penabur Bandung.

Pada umur 50 Tahun beliau memohon pensiun kepada lembaga, agar dapat lebih leluasa membuka sekolah sekolah diberbagai tempat  di tanah air dan memberikan seminar seminar kepada sekolah-sekolah yang bersedia bekerjasama. Berbagai keberhasilan yang diraih oleh siswa / siswi  Persekolahan BPK Penabur Bandung selama ini berkat cara beliau mengimplementasikan konsep guru yang beliau laksanakan di persekolahan tersebut, sehingga banyak perhargaan yang diterima dari Gubernur Jawa Barat dan juga dari Wali Kota Bandung Bpk. Ridwan kamil.  Secara singkat beliau menyampaikan bahwa tujuan dari kurikulum 2013 yang beliau sampaikan  adalah : Kompetensi, Literasi dan Karakteristik. Ketiga aspek ini perlu diimplementasikan dengan tepat dan sederhana agar tujuan dari kurikulum 2013 dapat diterapkan.

Beliau juga menyampaikan bahwa guru harus menjadi figur yang disukai oleh murid. Supaya guru menjadi contoh baik di dalam lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Kesan yang peserta lihat pada video klip di persekolahan BPK Penabur Bandung yang beliau tayangkan adalah, pada saat murid masuk sekolah, kepala sekolah yaitu Drs. Timotius Chandra sendiri, berdiri di depan pintu gerbang sekolah menyalami murid yang datang, dalam hal ini kepala sekolahnya benar benar peduli dan mengahargai kehadiran anak didiknya, sehingga murid merasa diperhatikan.  Inilah yang menumbuhkan semangat kepada anak didik untuk belajar, sehingga prestasi murid menjadi lebih baik.

Dalam sambutannya Kasi Bimas Kristen Kantor Kemenag Kab. Landak, Dr. Hariyanto Uar, S.Th., MA., M.Pd.K. diwakili oleh Isak Keha, S.Th. Staf Bimas Kristen  menyampaikan agar seminar ini diikuti dengan baik. Bimas Kristen juga berterima kasih kepada Narasumber yang berkenan hadir dan memberikan ilmunya untuk guru-guru agama Kristen di Kab. Landak supaya semakin berkualitas. Berikutnya agar KKG/MGMP tetap eksis bekerja dengan baik dan menjalin kerjasama dengan semua pihak serta seminar ini terus dikembangkan. 

Selanjutnya dalam materi yang disampaikan oleh Narasumber ada beberapa point penting yang harus diimplementasikan oleh  para guru di sekolah, yaitu guru harus peduli kepada murid dan juga kepada sesama guru. Guru juga harus menjadi pembimbing dan motivator bagi murid.

Pada sesi penutupan perserta mendapatkan sertifikat dari Yayasan Cahaya Kahuripan Bangsa dibina oleh Ir. Lenardo Mangunsong. Setifikat diserahkan kepada seluruh peserta oleh  Kasi Bimas Kristen yang dalam hal ini diwakili oleh Isak Keha. 

by Isak Keha.

Berita: