Jum'at, 01 September 2017. Bertepatan dengan 10 Dzulhijjah 1438 H. Siang itu setelah pelaksanaan sholat jum'at diadakan penyembelihan hewan qurban berupa satu ekor sapi di MTsN Nanga Pinoh. Bertempat di halaman samping di sudut dekat lapangan parkir telah tertambat seekor sapi yang gagah. Dengan arahan Kepala Madrasah H. Sugeng, S.Sg para guru dibantu warga sekitar memulai penyembelihan.

Dengan cekatan Nandar, S.Ag, Ujang Tarmana, S.Pd dan beberapa rekan lainnya dibantu warga merebahkan sapi dan menyembelih sapi qurban. Berbekal teori dan pengalaman yang dimiliki penyembelihan berlangsung lancar. 

Berikutnya pemotongan dan pengulitan dimulai. Alid Hidayat, S.Pd, Kabib Mustapa, S.Pd, Sugiharto, S.Pd dan beberapa rekan lainnya dengan cekatan melakukan tugasnya.

Disisi lain tampak ibu guru melakukan pemotongan dan penimbangan serta pengemasan daging qurban. Dengan tampak sesekali senda gurau disela - sela kegiatan tersebut. Dengan bahu membahu pelaksanaan berlangsung hanya 2 jam.

Para siswa yang berhak menerima juga telah berkumpul dan penukaran kupon pun dilaksanakan, Kepala Madrasah secara simbolis menyerahkan daging qurban. Suasana bahagia menyelimuti hati seluruh warga MTsN Nanga Pinoh. Kebahagiaan karena bisa berbagi yang merupakan salah satu wujud kesalehan sosial dan bentuk ketaatan kepada anjuran Allah SWT.

Semangat berqurban yang merupakan refleksi dari keteladanan yang diberikan oleh nabi Allah Ibrahim As dan anaknya Nabi Ismail serta ibundanya Siti Hajar.

Acara ditutup dengan acara makan bersama. Semoga bertemu lagi pada Idul Adha berikutnya. Semoga Allah menerima qurban kita.Aamiin. (okta)