Kubu Raya. Setelah dibuka oleh Bupati Kubu Raya kemarin, selasa (25/7) manasik haji tingkat Kabupaten, Calon Jama’ah Haji (CJH) asal Kabupaten Kubu Raya kembali mengikuti manasik haji dengan narasumber dan materi yang berbeda. Pada kesempatan kali ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kubu Raya Drs. H. Ja’far A dijadwalkan oleh panitia mengisi materi tentang Teori dan Pratek Ibadah Haji, rabu (2/7).

Tempat pelaksanaan manasik haji kali ini yaitu Halaman Bupati Kubu Raya yang ditata menjadi miniatur tanah suci Makkah.

Setelah semua CJH yang berasal dari beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Kub Raya ini siap Ja’far A pun bersiap untuk membimbing para CJH untuk melaksanakan manasik haji.

Pada sesi ini Ja’far A menyampaikan anjuran dan larangan selama melaksanakan ibadah haji. Selain itu juga ada penjelasan tentang urutan pelaksanaan haji. Setelah itu ada juga praktek langsung tata cara menggunakan kain ihram.

Selanjutnya ada simulasi pelaksanaan thawaf keliling ka’bah, menggunakan miniatur ka’bah yang telah disiapkan panitia. Dilanjutkan dengan simulasi Sa’i dari bukit shafa dan marwah yang memanfaatkan teras halaman. Simulasi thawaf dan Sa’i dipimpin langsung oleh Ja’far A yang di dampingi oleh Kasi PHU H. Mujib, S.Ad. Para CJH yang ikut simulasi thawaf dan Sa’i terlihat antusias selama mengikuti simulasi. Setelah selesai melaksanakan manasik/simulasi dilanjutkan dengan tanya jawab seputar ibadah haji.

(Bond/KKR)

Berita: