Rabu, 9 Agustus 2017 sebanyak 436 Jamaah termasuk di dalamnya TPHI (1), TPIHI (1), TPHD (1), Paramedis (2) dan Dokter (1) menuju Saudi Arabia dari Embarkasi Batam pada pukul 16.00 Wib . Dari jumlah seharusnya berangkat adalah 445 Jamaah Calon Haji namun ada 7 orang yang mengalami tunda berangkat karena faktor kesehatan dan psikis serta 2 orang yang gagal berangkat juga akibat faktor kesehatan (detail klik disini). Panjangnya rentetan rute yang harus di jalani oleh Jamaah Calon Haji dan perubahan kondisi cuaca dimana saat ini Kalimantan Barat pada umumnya mengalami curah hujan yang tinggi namun saat tiba di Batam kondisi cenderung panas banyak membuat Jamaah Calon Haji mengalami penurunan kesehatan dan stress juga berpengaruh terhadap kondisi jamaah. Namun secara keseluruhan pemberangkatan jamaah haji tidak ada masalah yang serius.

Jamaah Calon Haji Kloter 11 terdiri dari jamaah yang berasal dari Kabupaten Melawi, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Landak dan Kabupaten Mempawah. Jamaah Calon Haji dari Kloter 11 berangkat dari Bandara Supadio Pontianak setelah sebelumnya mengikuti acara pelepasan di Asrama Haji Pontianak yang dibagi menjadi 3 penerbangan dengan menggunakan maskapai Sriwijaya Air. Penerbangan masing-masing dilakukan pada pukul 07.00 WIB, 08.45 WIB dan terakhir pukul 10.45 WIB.

Setelah tiba Asrama Haji Batam Jamaah dilakukan pemeriksaan kesehatan, pemberian uang saku sebesar 1500 Riyal dan pemberian gelang pengenal serta perlengkapan lainnya. Setelah itu Jamaah diberikan kesempatan untuk beristirahat dan melaksanakan ibadah sholat untuk selanjutnya diadakan acara pelepasan oleh Gubernur Kalimantan Barat yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Kalimantan Barat Dr. M.Zeet Hamdy Assovie MTM yang hadir Bersama istri.

Dr.M.Zeet Hamdy Assovie mengingatkan pada jamaah agar jangan sungkan meminta nomor ponsel milik petugas haji baik dari daerah maupun nasional karena itu akan sangat diperlukan apabila terjadi kendala saat berada di tanah suci, yang kedua para jamaah hendaknya banyak mengkonsumsi air putih karena kondisi di Saudi Arabia saat ini mencapai 44 derajat Celcius yang mana tentunya akan membuat jamaah dehidrasi jika malas mengkonsumsi air putih terutama bagi mereka yang sudah memasuki usia senja.

Setelah pelepasan secara simbolis di Asrama Haji Batam selanjutnya jamaah haji bertolak menuju Bandara International Hang Nadim Batam menaiki pesawat yang akan mengantarkan para tamu Allah ini memenuhi seruan dan panggilan Allah. Selamat jalan para jamaah calon haji Kloter 11 semoga Allah selalu melapangkan dan memudahkan pelaksanaan ibadah haji ini. Amin. @Luthfi/Batam

Berita: