Siang tadi 313 Jamaah Haji Kabupaten Sambas tiba di Kampung Halaman tercinta.

Kedatangannya pun disambut oleh keluarga besar tercinta, yang sudah menunggu kedatangan rombongan Haji dan Hajah Kabupaten Sambas tersebut, Jum'at (14/09/2018)

Siang tadi sekitar pukul 11.00 Wib, rombongan Haji Kabupaten Sambas tiba di Masjid Besar At Taqwa pemangkat yang terletak di Jl Nusantara, Pemangkat Kota.

Kedatangan rombongan haji tersebut pun langsung di sambut oleh Bupati Sambas H Atbah Romin Suhaili LC.

Sebelumnya, jama'ah haji asal Sambas berjumlah 314 orang. Namun dalam pelaksanaan ibadah haji satu diantaranya meninggal dunia di tanah suci Makkah atas nama H Toni Sadul (69) asal Kecamatan Semparuk.

Dalam kesempatan memberikan sambutan, Kepala rombongan jama'ah Haji Sambas H Wasli Matsum mengatakan Haji adalah rukun Islam yang ke lima dan merupakan panggilan Allah kepada umatnya.

Oleh karenanya, pelaksanaan haji tentulah bertujuan akhir untuk mencari ridho Allah dan haji yang mabrur.

"Haji merupakan rukun Islam lima, Ibadah haji adalah merupakan suatu panggilan Allah Subhana wa taala kepada seluruh umatnya. Dengan tujuan akhirnya adalah mencari Ridho Allah dan menjadi haji yang Mabrur," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, H Wasli Matsum juga meminta maaf, karena ada anggota rombongannya meninggal karena sakit di tanah suci.

"Saya Selaku Ketua Rombongan Jamaah Haji Kabupaten Sambas, saya mohon maaf karena Kawan kita Jamaah Haji asal Semparuk meninggal Dunia Karena Sakit semoga jenazah beliau diterima Allah Subhana wa taala," sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut ia juga menyampaikan ucapan terima kasih semua jamaah Haji 2018 Kabupaten Sambas. Menurutnya, selama penyelenggaraan Haji pemerintah Kabupaten Sambas telah banyak membantu dalam pelaksaan kegiatan Haji. Mulai dari keberangkatan sampai dengan penyambutan Jamaah.

Setelah sambutan, dilanjutkan dengan penyerahan bendera merah putih dari Amirul Haj jama-ah Haji Sambas Kepada Bupati Kabupaten Sambas.

Setelah pelaksanaan kegiatan tersebut, dan melaksanakan sholat Jum'at berjamaah. Jama'ah Haji asal Kecamatan Selaku, Selakau timur, Saltiga, Pemangkat, Jawai dan Jawai Selatan. Turun di Masjid Besar Attaqwa Pemangkat untuk dijemput keluarga masing-masing jamaah.

Sedangkan untuk Jamaah jalur Kecamatan Sambas dan sekitarnya melanjutkan naik bis menuju ibu kota Kabupaten dan turun di asrama Haji Sambas.

Turut hadir dalam penyambutan tersebut Ketua DPRD Sambas H. Alifidiar MH, Kepala Kementerian Agama Sambas H. Sipni, S.Pd.i, M.Pd, Sekda Sambas Urai Tajudin, Kepala Pengadilan Agama Sambas Drs H Khoer Affandi, SH, Camat Pemangkat A Rahmat Sip Msi, serta para tokoh masyarakat, Adat dan Agama. (juanda)

Berita: