Pada hari Senin, 18 September 2017 Jamaah Haji Kalimantan Barat yang tergabung pada Kloter 11 tiba di Bandara Hangnadim Batam pukul 23.00 Wib. Jamaah tersebut berasal dari Kabupaten Melawi, Sanggau, Landak dan Mempawah. Ikut juga TPHD, sehingga total jemaah haji yang tiba sebanyak 445 orang.

Setelah melalui pemeriksaan di Bandara Hangnadim Batam, Jamaah Kloter 11 baru dapat memasuki Aula Asrama Haji Batam Pada pukul 01.25 Wib Selasa, 19/9/2017. Kedatangan jamaah haji tersebut disambut langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si.

Dalam sambutannya ia menyampaikan ungkapan selamat datang kepada seluruh Jamaah Haji Kalimantan Barat yang tiba ditanah air dengan iringan doa semoga seluruh jamaah senantiasa dalam keadaan sehat wal’afiat dan memperoleh Haji yang mabrur.

“Atas nama Gubernur Kalimantan Barat, dan seluruh PPIHD turut berduka cita atas meninggalnya jamaah Haji Kalimantan Barat selama menjalankan ibadah Haji di tanah suci, semoga Allah Tuhan yang maha esa menerima amal ibadahnya dan mendapat tempat yang mulia disisinya” ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa jadwal kepulangan jemaah keberangkatan. Di mana menggunakan sistem gelombang yakni pertama dan kedua. Untuk gelombang pertama, posisi jemaah saat ini sudah ada yang berada di Jeddah dan menunggu jadwal keberangkatan. 

Sedangkan jamaah yang tiba di Debarkasi Batam akan diberangkatkan ke Bandara Supadio Pontianak melalui tiga kali penerbangan. "Kepulangan di mulai dari kloter 11, terbang dari Jeddah baru dilanjutkan dengan kloter 12, 13, 14, 15 dan 16," tuturnya.

Syahrul Yadi juga menyatakan bahwa, pelaksanaan ibadah haji saat ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Indikator awalnya melihat dari jumlah jemaah haji yang meninggal dunia lebih sedikit, begitu juga untuk jemaah haji yang sakit juga lebih sedikit. (Ir-Inmas)

Berita: