Arena Utama Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) Nasional ke 6 Tahun 2017 dipusatkan di lingkungan Kampus 1 Ponpes Raudlotul Mubtadi’in Balekambang Jepara Jawa Tengah.

Belasan ribu kursi telah disiapkan oleh panitia dalam upacara pembukaan yang dilaksanakan di lapangan utama. Kursi-kursi itu telah ditempatkan di tenda yang telah dibagi peruntukannya, yakni tamu undangan, peserta dan pengunjung yang sebagian besar dihadiri oleh wali santri pondok pesantren ini.

Presiden Joko Widodo yang dijadwalkan akan membuka acara Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) Nasional ke - 6 tahun 2017 batal hadir, Jumat (1/12/2017) . Sehingga di deretan kursi VIP tak ada peruntukan untuk orang nomor satu di Indonesia itu.

Farhani, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah menuturkan bahwa Presiden Jokowi batal hadir siang ini. Hal tersebut juga dapat dilihat dari Paspampres yang belum tampak memperketat keamanan.

Rencananya Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin, nantinya yang akan membuka acara ini. Beberapa anggota DPR, kepala dinas, tokoh agama dan pemilik pondok pesantren turut hadir pula. MQK merupakan kegiatan tiga tahunan yang menjadi ajang kompetisi membaca, menerjemahkan, dan menjelaskan isi kandungan kitab kuning. (Ir-Inmas)

Berita: