PUTUSSIBAU – KAPUAS HULU. Peran penyuluh di masyarakat sangat penting, karena tugas mereka yang langsung terjun dimasyarakat akan membantu KUA dalam hal pembinaan, sosialisasi maupun didalam mendapatkan informasi dan data. Hal tersebut dikatakan oleh KUA Kecamatan Batang Lupar Jumiyadi,S.H.I, ketika beliau berada di Kantor Kementerian Agama Kapuas Hulu Jalan Kom Yos Sudarso No. 115 Putussibau, Senin (14/09/2017).

Lebih lanjut Jumiyadi mengatakan bahwa untuk Kecamatan Batang Lupar, yang terdafar sebagai Penyuluh Agama Islam saat ini hanya 1 orang, jumlah tersebut sangat tidak cukup dengan kebutuhan Penyuluh Agama Islam dimasyarakat.  Apalagi penyuluh yang ada saat ini lebih fokus mengajar di TBA, padahal harapan kami Penyuluh yang ada itu lebih banyak fokus kepada pembinaan seperti mengisi acara PHBI, Majelis Taklim, Pesantren Kilat maupun pembinaan lainnya.

Kita sangat berharap agar kedepan nanti akan ada tambahan tenaga penyuluh honorer lebih banyak dari Kabupaten dan lebih fokus kepada pembinaan mengingat, Kecamatan Batang Lupar adalah daerah perbatasan yang sangat membutuhkan tenaga penyuluh guna membina dan mentransfer ilmu-ilmu agama ke masyarakat. “Jumlah penyuluh agama islam perbatasan khsusnya di Kecamatan Batang Lupar sebaiknya di tambah hal ini mengingat kebutuhan penyuluh didaerah tersebut sangat besar,” pungkas Alumni STIS Syarif Abdurrahman Pontianak. (Ms/Kh).