Hari ini, kamis, (31/8) Jutaan jamaah haji dari berbagai penjuru dunia mulai diberangkatkan ke Padang Arafah pada kamis pagi untuk mengikuti prosesi rukun haji berupa wukuf (berdiam untuk berzikir, istigfar dan berdoa). Demikian halnya Jamaah Calon Haji Kalimantan Barat yang berjumlah 2.515 bergerak menuju Padang Arafah untuk melakukan kegiatan yang sama.

Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Drs. H.Syahrul Yadi, M.Si menyatakan bahwa Jamaah Calon Haji Kalimantan Barat pada  dasarnya  siap melaksanakan wukuf dipadang Arafah, karena sebelumnya juga sudah diingatkan agar menjaga stamina, fisik dan kesehatan sehingga mampu melaksanakan rangkaian ibadah haji secara sempurna.

“Puncak pelaksanaan ibadah haji adalah wukuf di arafah, oleh karena itu jamaah harus ingat betul akan nasehat dan bimbingan saat mengikuti manasik sebelum pelaksanaan haji, bahwa kesabaran dan kesehatan menjadi modal utama dalam melaksanakan IbadahHaji tersebut,” jelas Syahrul Yadi.

Sementara itu, hingga saat ini sudah empat orang Jamaah Calon Haji Kalbar meninggal dunia, mereka adalah Razali Haka Abdul Karim (Pontianak, meninggal di Mekkah usia 82 Tahun), Urai Suarni Uray Hasanuddin (Singkawang, meninggal di Madinah, usia 61 tahun), Rubianto Karlan Wirjodiharjo (Kubu Raya, meninggal di Mekkah usia 80 tahun) dan Hadri Jamad Ali (Sambas, meninggak di Mekkah dalam usia 42).

Sedangkan Jamaah Calon Haji yang menjalani rawat inab di Mekkah sesuai dengan data terakhir 27 agustus 2017 berjumlah empat orang. Mereka adalah Ace Hidayat Dana Syafei, Jumrah Bakri, Muhammad Jalal dan  Mussharofah Jamali Jalil. (Ir-Inmas).

Berita: