Sintang – Minggu (11/8/19) pukul 06:00 WIB, masyarakat sekitar Baning Kota mulai berduyun-duyun menuju Lapangan Sepak Bola Baning Sintang untuk melaksanakan Sholat Idul Adha 1440 H. Hal ini seperti yang sudah diagendakan beberapa waktu lalu PHBI Baning Kota Sintang sebagai tempat pelaksanaan Sholat Idul Adha 1440 H. Meskipun beberapa Mesjid juga melaksanakan Sholat Ied berjamaah, namun tidak sedikit yang memilih lapangan stadion baning sintang sebagai tempat melaksanakan sholat Idul Adha 1440 H.

Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Baning Kota mengawali pelaksanaan sholat Ied dengan membacakan beberapa pengumuman serta tata acara pelaksanaan sholat. Panitia  juga menghimbau kepada masyarakat agar tertib dalam pelaksanaan sholat Ied dan mengajak untuk tetap menjaga kebersihan.

Imam Sholat Idul Adha 1440 H di Stadion Baning Kota Sintang adalah Bapak Aswad dari Bimbingan Masyarakat Islam dan Khatib Bapak H. Anuar Akhmad, S.Ag., MM, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sintang, dengan tema “Mengaktualisasikan Takwa dan Kebersamaan”.

dalam khutbahnya khatib mengajak umat islam belajar dari pengorbanan yang ditunjukan nabi Ibrahim. Pasca Idul Adha dan berkurban setiap muslim secara individu dan kolektif mempererat persaudaraan, saling membantu, tolong menolong, sesama umat manusia dalam suasana damai, toleran, kasih sayang dan saling memajukan meskipun dalam suasana perbedaan, sebaiknya menjauhkan diri dari pertikaian, kebencian serta hal hal yang merusak dan merugikan dalam hubungan antar sesama.

Pelaksanaan sholat Ied berjalan dengan lancar, setelah selesai panitia menghimbau kepada seluruh jamaah sholat Ied agar ikut serta dalam menjaga ketertiban dan kebersihan lapangan, pesannya.