Rakor Pendidikan Keagamaan Islam di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten sekadau di laksanakan senin (30/4/2018) di hotel vinca borneo sekadau.  Sebanyak 30 peserta mengikuti rakor yang terdiri dari Pondok Pesantren, Madrasah Diniyah, Taman Pendidikan Alquran. Hadir pada Kesempatan tersebut Kepala Bidang Pendidikan dan Keagamaan Islam H. Wildan,SH.i yang di wakili Kasi Diniyah dan Al quran Kanwil Kementerian Agama Propinsi Kalimantan Barat Drs. Mahdi Siregar, M.Pd.

Drs. Sunari Selaku Ketua Panitia kegiatan dan Kasi Pendidikan Islam Kemenag Sekadau mengungkapkan Rakor tersebut merupakan koordinasi antara Kemenag dengan lembaga pendidikan Keagamaan islam. Kegiatan juga sebagai bentuk sharing antar lembaga keagamaan di Kabupaten Sekadau. Ia berharap kegiatan dapat menghasilkan kesepakatan dalam mengelola lembaga Pontren,  Madin dan TPQ.  "Semoga Rakor ini dapat menghasilkan sesuatu untuk pendidikan keagamaan kedepan khususnya bagi lembaga pendidikan di Kabupaten Sekadau," ucapnya.

Sementara Kepala Kemenag Sekadau H. Darohman, S. Ag. M. Si saat membuka kegiatan mengharapkan pertemuan dapat menghasilkan pemikiran, bagi kemajuan lembaga keagamaan. Pimpinan lembaga hendaknya bisa mengakomodir keinginan masyarakat, agar lembaga keagaman memiliki kualitas dan kuantitas. "Memanfaatkan momen kecendrungan masyarakat,  pengelolaan lembaga pendidikan haruslah berpikir moderat," pintanya. 

Bagaimana mengelola lembaga pendidikan yang modern, dari sisi administrasi dan  pengelolaan. Mulailah dari perencanaan dan penataan yang matang dalam membangun pendidikan, membenahi admnistrasi. Dalam mengelola sebuah lembaga juga tidak terlepas dari sumber daya manusia, perlu adanya pelatihan bagi ketua dan pengurus lembaga keagamaan ke depan dalam rangka meningkatkan SDM yang ada. Miliki standar dalam pengelolaan lembaga, perlu inovasi, keratifitas bagi Ketua dan pengurus lembaga keagamaan yang ada. Samakan persepsi dalam mengelola lembaga keagamaan, karena pengelolaan lembaga ini merupakan keikhlasan pengajar dalam mendidik.

Kegiatan ini merupakan program pemerintah yang sesuai dengan visi misi kementerian agama yaitu Terwujudnya Masyarakat Indonesia yang Taat Beragama, Rukun, Cerdas, dan Sejahtera Lahir Batin dalam rangka mewujudkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama, pelayanan kehidupan beragama yang merata dan berkualitas. Meningkatkan akses dan kualitas pendidikan umum berciri agama, pendidikan agama pada satuan pendidikan umum dan pendidikan keagamaan serta Meningkatan kualitas tata kelola pembangunan bidang agama. (Andre) 

Berita: