MEMPAWAH_Selasa (08/08/17) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah Dra. Hj. Isriyah selaku ketua panitia menyampaikan laporan dalam acara pelepasan pemberangkatan Calon Jamaah Haji Kabupaten Mempawah Tahun 1438H/2017M, di Aula Kantor Bupati Mempawah, yang dihadiri sebanyak 173 Calon Jamaah Haji, dan 500 orang keluarga, sanak family yang mengantar calon jamaah.

Dihadapan para pimpinan Forkompimda dan para Calon Jamaah, serta para keluarga jamaah, Hj. Isriyah menyampaikan bahwa penyelenggaraan ibadah haji merupakan tugas nasional yang melibatkan semua unsur terkait, mulai dari proses pendaftaran, sampai dengan proses pemberangkatan, hingga proses pengembalian.

Sehingga menurutnya, setiap tahunnya Kementerian Agama berusaha untuk meningkatkan segala yang berkaitan dengan pelaksanaan ibadah haji, mulai dari pelayanan, pembinaan, dan perlindungan terhadap jamaah haji, walaupun terkadang masih banyak kendala-kendala yang harus disempurnakan, sehingga harus menjadi evaluasi bersama setiap tahunnya.

“Pemantapan terhadap calon jamaah haji dianggap sudah maksimal, hal ini ditandai dengan pelaksanaan bimbingan manasik haji di tingkat Kabupaten sebanyak 2 kali, sedangkan bimbingan manasik haji tingkat Kecamatan dilaksanakan selama 8 hari yang dibagi dalam 2 zona yaitu : Zona 1 terdiri dari Kecamatan Mempawah Hilir, Kecamatan Mempawah Timur, dan Kecamatan Sungai Kunyit, sedangkan untuk zona 2 terdiri dari Kecamatan Sungai Pinyuh, Anjongan, Toho, Segedong, dan Siantan,” ujar Isriyah.

Menurutnya juga bahwa jamaah haji Kabupaten Mempawah berangkat pada gelombang pertama, dan bergabung dalam kelompok terbang 11 Embarkasi Batam, yang terdiri dari: Kabupaten Melawi sebanyak 105 orang, Kabupaten Sanggau sebanyak 122 orang, Kabupaten Landak sebanyak 51 orang, Kabupaten Mempawah sebanyak 173 orang, dan TPHD ada enam orang, salah satunya adalah dari Kabupaten Mempawah, yaitu Kamaludin yang merupakan TPHD Provinsi.

Sementara itu, untuk TPHD Kabupaten Mempawah ada sebanyak 6 orang yang ditugaskan yaitu: Ust. Hadi Sumitro Abdul Basyir, Sy. Hamid Abdullah Alwi, Drs. Warna Sujaka, Ust. Zainal Arifin Muhamad Nur, Mahmud Damiri Jayadi, dan dr. Darwati Ibrahim Ali.

Untuk keberangkatan jamaah haji Kabupaten mempawah, tanggal 8 Agustus 2017 seluruh calon jamaah Haji berangkat dari Mempawah menuju Asrama Haji Pontianak, dan sehari setelah itu yakni pada tanggal 9 Agustus 2017, langsung menuju Bandara Hang Nadim Batam, yaitu pada penerbangan ke 3 sekitar pukul 10.45 WIB dan sekiitar pukul 22.30 WIB seluruh Calon Jamaah Haji langsung berangkat dari Bandara Hang Nadim Embarkasi Batam menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azis Madinah.

Untuk jamaah Haji Kabupaten Mempawah pada tahun ini akan ditempatkan di maktab nomor 02 dengan nomor hotel 201 letaknya di daerah Muhbas Jin Mekkah, dan mendapatkan pelayanan makan selama 2 kali sehari, demikian juga di Madinah, akan mendapatkan 18 kali makan, di Mina 12 kali makan, di Arafah 4 kali makan.

Isriyah juga memberitahukan, bahwa jamaah haji Kabupaten Mempawah akan pulang ke tanah air melalui Bandara King Abdul Azis Jeddah dan rencananya akan tiba di Bandara Hang Nadim Batam tanggal 18 September 2017,serta tanggal 19 September 2017 seluruh jamaah Haji Kloter 11 pulang ke Pontianak.

Hj. Isriyah menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh Calon Jamaah Haji Kabupaten Mempawah, Bupati Mempawah dan seluruh jajarannya, serta semua pihak terkait, yang telah bekerja sama dalam menyukseskan pelaksanaan Ibadah haji Tahun 1438H/2017M. (Rudi_Mpw).

Berita: