Korps alumni HMI (Kahmi) kabupaten Sanggau menggelar dialog kebangsaan dalam rangka sosialisasi empat pilar MPR RI, acara berlangsung di Aula Hotel Grand Narita Sanggau, Sabtu (10/2/2018) sore.

Hadir dalam sosialisasi, Anggota DPR RI Dapil Kalbar, H Sukiman SPd, MM, Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, Perwakilan dari Kodim 1204/Sanggau, Polres Sanggau, Staf Ahli Bupati Sanggau, Eka Pria Saputra dan peserta sosialisasi lainnya. ‪

Sukiman menjelaskan, berdasarkan kajian tim pakar dari DPR MPR, melalui para profesor dan bahkan mantan-mantan Anggota dan kajian dari Kampus, akhir-akhir inikan nasionalisme agak sedikit meluntur terutama dikalangan generasi muda. “Oleh karena itu memang tidak ada pilihan lain harus dihidupkan kembali sosialisasi empat pilar ini, sehingga bisa dipahami apa si sebenarnya pancasila itu, apa yang menjadi tugas kita dalam rangka manusia yang pancasialis, ” ujar legislator Kalbar in. 

Lebih lanjut Sukiman mengatakan, penyebab dari rasa nasionalisme turun dikalangan generasi penerus, kemungkinan kurangnya pemahaman, terlalu ego kelompok, ego yang berkaitan dengan kesukuan, keagamaan dan lainya. “Saya pikir karena dari segi dampak daripada komunikasi dan informasi yang terbuka. Tetapi juga kita tidak menutup mata bahwa melalui informasi itu banyak nilai-nilai positif yang bisa kita pelajari, ” tegasnya. Oleh karena itu, menjadi tanggungjawab seluruh masyarakat sebagai anak bangsa, menjaga sebagai pelekat dari NKRI, Bhineka Tunggal Ika dan melalui pancasila ini, mesti harus kita sama-sama berkomitmen bagaimanapun ini menjadi tugas kita untuk menjaga keutuhan NKRI melalui sosialisasi ini (Fathur-Sanggau)

Berita: