SINGKAWANG. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang Drs. H. Nahruji, M.Si beserta jajarannya menghadiri kegiatan Silaturahmi Ramadhan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat pada Selasa (22/5). Silaturahmi Ramadhan Pemprov Kalbar ini dipimpin oleh Pj. Gubernur Kalimantan Barat Drs. Dodi Riyadmadji, M.M yang disambut langsung oleh Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie, SE dan Wakil Walikota Singkawang Drs. H. Irwan, M.Si di Aula Balairung Kantor Walikota Singkawang. Turut hadir pada acara ini Forkopimda Kota Singkawang, Kepala Badan dan Instansi, Katua MUI, Ormas Islam, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie mengucapkan terima kasih atas kunjungan rombongan silaturahmi ini dan berdo’a agar apa yang dilakukan ini mendapat berkah dan memberi manfaat yang besar khususnya bagi masyarakat Kota Singkawang. Walikota juga menyampaikan bahwa kagiatan ini juga dirangkai dengan pelepasan atau peresmian Tim Safari Ramadhan 1439 H Pemkot Singkawang. Ia mengungkapkan Tim Safari Ramadhan ini dibagi menjadi 4 kelompok dengan masing-masing kelompok berjumlah 10 orang yang terdiri dari ketua dan wakil ketua kelompok, imam/penceramah dan anggota. Masing-masing kelompok akan mengunjungi sejumlah masjid yang ada di Kota Singkawang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Sementara itu, Pj. Gubernur Kalimantan Barat Drs. Dodi Riyadmadji, M.M dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kota Singkawang merupakan kota pertama yang dikunjungi tim silaturahmi Ramadhan Pemprov Kalbar tahun2018. Dalam kesempatan itu, ia atas diri pribadi dan pemerintah Provinsi Kalbar mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa pada masyarakat muslim Kota Singkawang dan mengajak masyarakat untuk menjadikan ramadhan sebagai bulan untuk mengintrofeksi diri untuk menjadi yang lebih baik. “Melalui bulan Ramadhan yang penuh berkah, ampunan dan maghfiroh ini, mari kita jadikan sebagai sarana introfeksi diri dalam memperbaiki diri sekaligus meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa,” ujarnya.

Dodi juga menyampaikan bahwa pada bulan Ramdhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri terjadi peningkatan berbagai aktivitas masyarakat. Disamping itu, pada bulan Ramadhan tingkat konsumsi masyarakat juga terjadi peningkatan khususnya konsumsi bahan-bahan pokok. Untuk itu, ia menyatakan bahwa pemerintah provinsi melalui instansi terkait akan melakukan operasi pasar dan memastikan stok bahan pokok tetap mencukupi di Kalbar terutama di bulan Ramadhan ini samapai lebaran tiba. Dengan demikian ia menyampaikan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir akan ketersediaan bahan pokok di pasaran. Namun demikian, ia menghimbau masyarakat agar tidak terlalu bersikap konsumtif dan berlebihan mengingat nilai-nilai yang terkandung dalam Ramadhan yaitu menahan dorongan hawa nafsu dunia yang cendrung berlebihan dan selalu merasa tidak puas.

Pada kesempatan itu Dodi juga berpesan kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada pesta demokrasi pemilihan Gubernur Kalimantan Barat yang akan diselenggarakan 27 Juni mendatang. “Oleh karena itu, dituntut kepedulian kita bersama baik sebagai tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan, maupun tokoh masyarakat untuk dapat menjadi jembatan penunjang persatuan dan kesatuan dalam membangun kedamaian dan keharmonisan kehidupan bermasyarakat, agar masyarakat yang sudah hidup rukun menjadi terpecah belah hanya karena perbedaan pilihan,” ajaknya.

Dalam kegiatan silatuhim Ramadhan ini, Pemprov juga menyerahkan beberapa bantuan kepada beberapa Masjid dan Panti Asuhan yang ada di Kota Singkawang. Rangkaian acara diakhiri dengan penyampaian tausiah oleh Ust. Abdul Halim, LC Penyuluh Agama Islam Kantor Kemenag Kota Singkawang dan ditutup dengan buka puasa bersama.(Jk/Skw)

Berita: