BENGKAYANG_Senin (26/7) Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang melalui Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana menyelenggarakan kegiatan Kampanye Pengendalian DBD, tema yang diusung pada kegiatan kali ini adalah “bergerak bersama cegah DBD dengan gerakan 1 rumah 1 jumantik”. Jumantik adalah singkatan dari Juru Pemantau Jentik.

Kegiatan ini dihadiri oleh Plt. Bupati Bengkayang Agustinus Naon, S.Sos, jajaran Forkopimda, para Camat dan Kades Se-Kabupaten Bengkayang, Kepala Puskesmas,  kader Jumantik dan para tamu undangan lainnya. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang H. Sy. Machmud, SH juga turut menghadiri kegiatan ini. Kampanye pengendalian DBD ini dilaksanakan di halaman Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana.

Tepat pada pukul 09.00 WIB kegiatan ini dimulai, ditandai dengan dentingan musik pengiring para penari, yang menarikan tarian selamat datang dihadapan Pt. Bupati Bengkayang Agustinus Naon, S.Sos, dan jajaran Forkopimda. Setelah selesai tarian mata rantai acara langsung dimulai. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya oleh seluruh hadirin.

Dilanjutkan dengan do’a yang dipimpin oleh Niono, S.Th menurut iman Kristen, Niono adalah Penyelenggara Bimas Kristen Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang. Mata acara dilanjutkan dengan penyerahan Jumantik KIT dan PIN. Penyerahan Pin disematkan di pakaian jajaran forkopimda, Jumantik Kit diserahkan kepada Kepala Puskesmas dan Kader. Kemudian lanjut ke pembacaan laporan kegiatan oleh ketua panitia dr. Alexander, yang mana tujuan kegiatan ini adalah para kader Jumantik dapat melakukan pencegahan melalui gerakan 1 rumah 1 jumantik.

Berikutnya adalah sambutan sekaligus pembukaan kegiatan oleh . Bupati Bengkayang Agustinus Naon, S.Sos. dalam sambutannya beliau berharap agar para kader dapat menularkan program ini ke rumah-rumah terdekat agar kita dapat mencegah penyakit DBD berkembang, dan dapat menurunkan angka kematian akibat penyakit berbahaya tersebut di Bengkayang. Naon juga berharap agar semua pihak mau membantu dan bekerja sama dalam menyukseskan kegiatan ini. Kampanye Pengendalian DBD ini resmi dibuka dengan ketukan palu secara 5 kali berturut-turut dan disambut tepuk tangan oleh para hadirin. Setelah dibuka kegiatan ini dilanjutkan dengan agenda extra dari panitia. (Akhzari)

Berita: