SINGKAWANG. Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kota Singkawang Nahruji menghadiri perayaan Milad ke 44 Pondok Pesantren Ushuluddin dan pelepasan santri-santriwati kelas VI Madrasah Ibtidaiyah, IX Madrasah Tsanawiyah dan XII Madrasah Aliyah  Ushuluddin pada Sabtu (12/05) di pondok pesantren ushuluddin Kota Singkawang.  Pada kesempatan tersebut Ka.Kankemenag mengucapkan selamat Milad ke 44 pondok pesantren ushuluddin. “Saya atas nama Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang mengucapkan selamat milad ke 44 kepada pondok pesantren ushuluddin, semoga pondok pesantren ushuluddin semakin maju dalam mendidik generasi penerus bangsa, khususnya di Kota Singkawang ini”, ucapnya.

Kepada santri-santriwati Nahruji berpesan untuk melanjutkan kembali pendidikannya yang jenjang yang lebih tinggi. “Yang tamat madrasah Aliyah kembali lanjutkan pendidikan saudara ke perguruan tinggi. Alhamdulillah pada tahun ini santri-santriwati madrasah Aliyah ushuluddin Singkawang banyak yang lulus masuk perguruan tinggi negeri, dan bahkan ada yang lulus di jurusan kedokteran UNTAN dan UIN Jakarta. Hal ini perlu kita syukuri bahwa lembaga pendidikan agama, khususnya pondok pesantren maupun madrasah, bisa bersaing dengan lembaga pendidikan umum lainnya. Saya meminta kepada masyarakat Kota Singkawang untuk tidak menomorduakan sekolah agama ”, tegasnya.  

Menurutnya tantangan yang dihadapi anak-anak ke depan sangat berbeda dengan apa yang dihadapi sekarang ini, untuk itu Nahruji  meminta kepada orangtua untuk memberikan pendidikan kepada anak-anaknya, dengan memasukkan anak-anaknya ke lembaga pendidikan agama, seperti pondok pesantren maupun madrasah. “ Pendidikan adalah modal untuk agama, orangtua, masyarakat, dalam kehidupan sehari-hari”, ucapnya.

Nahruji menegaskan bahwa Kementerian Agama setiap tahunnya selalu memberikan beasiswa pendididkan kepada santri-santriwati untuk melanjutkan ke perguruan tinggi melalui program beasiswa santri, yang seluruh biaya kuliahnya dibiayai Kementerian Agama RI. “ Alhamdulillah santri dari pesantren ushuluddin setiap tahunnya ada yang lulus dalam program ini, dan kita doakan mudah-mudahan pada tahun ini ada lagi yang lulus”, ucapnya

Pada kesempatan tersebut Nahruji juga mengungkapkan kontribusi pondok pesantren ushuluddin kepada Kementerian Agama Kota Singkawang. “Pesantren ushuluddin telah memberikan kontribusi terhadap Kementerian Agama Kota Singkawang. Hampir sembilan puluh persen pegawai Kementerian Agama Kota Singkawang merupakan alumni pesantren ushuluddin”, sebutnya.

Dalam milad kali ini,  jumlah santri-santriwati yang diwisuda sebanyak 267 santri-santriwati. Turut hadir anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Mahfudz Sidiq, orangtua wali santri dan tamu undangan lainnya. (Miftah)

Berita: