Putussibau – Kapuas Hulu,  Kamis (23/01/2020) Kakan Kemenag Kabupaten Kapuas Hulu Syahrul, S.Ag di dampingi  Kasi Bimas Islam Abang Ahmad Syarif, S.HI meninjau pengukuran lokasi untuk pembangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Kalis yang  dilaksanakan oleh konsultan tehnik yang telah ditetapkan serta turut hadir juga staf tehnis Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Kapuas Hulu, Kepala Kua Kecamatan Kalis, Tokoh Masyarakat, dan Kepala Desa Kalis Raya.

Kakan Kemenag mengatakan pembangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Kalis yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 ini. Lokasi pembangunan Gedung yang baru menggunakan tanah bangunan yang lama di jalan Lintas Selatan Desa Kalis raya. Sebelum pelaksanaan di mulai dengan perencanaan oleh konsultan tehnik, Kakan Kemenag mengatakan harus dilakukan survey lokasi bagaimana keadaan lingkungan sekitarnya, kondisi tanah apakah keras atau gambut, datar atau berbukit dan bentuk ukuran tanah persegi empat atau tidak. Hal tersebut dilakukan agar dapat mempermudah dalam membuat perencanaan sehingga proses lelang untuk pembangunan cepat terlaksana.

Selesai melaksanakan pengukuran luas tanah, telah disepakati oleh semua yang hadir mengenai letak bangunan yang ideal seperti berapa meter batas bangunan bagian depan dengan jalan raya, berapa meter batas kiri dan kanan bangunan dengan tanah orang lain serta berapa meter batas bangunan bagian belakang dengan tanah orang lain.

Kepala KUA Kecamatan Kalis Wakasman, S.Ag, M.Si merasa bersyukur atas pembangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji yang akan dilaksanakan pada tahun ini dan berharap pelaksanaan pembangunan cepat terlaksana.