Kepala Kantor Kementerian Agama Kalbar, H Syahrul Yadi memberikan pembinaan kepada pengurus dan anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sanggau yang berlangsung di aula Kantor Kementerian Agama Sanggau, Jumat (8/9/2017), siang.

Kegiatan itu dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Sanggau, M Taufik beserta seluruh jajaran, Ketua FKUB Sanggau Irenius Nius beserta jajaran, Ketua Muhammadiyah Ade Djuandi, Sekretaris NU M Yusuf, Ketua GP Ansor Hamka Surkati didampingi sekretaris GP Ansor Amin Sukur, pendeta, pastor dan ulama yang tergabung dalam FKUB.

Kakankemenag Kabupaten Sanggau Drs M Taufik dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini mengangkat tema mengembangkan sikap toleransi, saling percaya dan saling memahami dalam bingkai NKRI. Tema ini dirasa penting mengingat situasi dan kondisi kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Sanggau yang terancam oleh informasi hoax maupun fitnah-fitnah. Padahal fitnah-fitnah ini sengaja disebarkan oleh pihak-pihak yang punya kepentingan tertentu dan jauh dari urusan agama.

Dalam paparan materinya, H Syahrul Yadi menyampaikan tentang ancaman dan tantangan bangsa Indonesia ke depan.

“Tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia yang memiliki sumber daya yang begitu luar biasa dan sedang menjadi incaran asing ini harus diwaspadai dari berbagai ancaman, di antaranya isu kebinekaan, agama dan ras yang bertujuan memecah belah NKRI, ” ujarnya.

Lebih lanjut H. Syahrul Yadi mengharapkan agar FKUB Kabupaten Sanggau bisa berperan lebih dalam upaya menjaga kerukunan antar umat beragama. Kemenag akan berupaya pula mendukung peran FKUB tersebut dengan mensupport sumber dana maupun sumber daya manusia agar kerukunan tetap terjaga. (Fathur-Sanggau)

Berita: