SINGKAWANG. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Kalimantan Barat Drs. H. Ridwansyah, M.Si  pada  Jumat (2/2) berkunjung dan bersilaturrahmi sekaligus memberikan pembinaan pada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag Kota Singkawang ini berlangsung dalam penuh kebersamaan dan kekeluargaan. Dalam arahannya Ka.Kanwil meminta kepada ASN Kementerian Agama  dalam melaksanakan tugas untuk selalu mentaati segala aturan dan regulasi yang ada. Ia menjelaskan karena disetiap organisasi termasuk di Kementerian Agama ada tata cara atau aturan yang mengatur dengan adanya WASKAT (Pengawasan Melekat) yang sekarang dikenal dengan Sistem Pengendalian Internal agar pelaksanaan tugas berjalan secara efektif dan efisien sesuai regulasi yang berlaku. “Dengan bekerja sesuai regulasi, maka kita akan bekerja dengan tenang dan siap apabila akan dilakukan pemeriksaan atau dievaluasi, baik itu dari atasan langsung maupun oleh badan pemeriksa lainnya,” ujarnya.

Terkait dengan rencana kunjungan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia ke Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Ridwansyah menyampaikan agar jangan terlalu takut dan dijadikan beban. Ia menjelaskan bahwa pada prinsipnya pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK merupakan salah satu bentuk pembinaan terhadap pekerjaan yang kita lakukan. Untuk itu, ia menghimbau untuk bersikap kooperatif dengan membangun human relationship yang baik dengan tim auditor serta mempersiapkan dengan baik segala administrasi terkait masalah keuangan dan data-data pendukungnya sehingga kegiatan audit dapat berjalan dengan lancar.

Diakhir arahannya, Ka.Kanwil yang baru dilantik sejak 22 Desember 2017 yang lalu ini mengajak seluruh ASN Kementerian Agama untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. “Tahun 2018 ke depan, kita terus melakukan perubahan yang signifikan terutama adanya upaya reformasi birokrasi, pembangunan Zona Integritas, Pelayanan terpadu satu pintu. Kita lakukan penataan strukur dimulai dari kanwil dahulu. Yang terpenting adalah bagaimana komitmen kita untuk terus berbenah dan menjadi lebih baik lagi untuk masa-masa yang akan datang,” terangnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang Drs. H. Nahruji, M.Si mengungkapkan terimakasih atas kunjungan dan arahan Ka.Kanwil Kemenag Kalimantan Barat Drs. H. Ridwansyah, M.Si di Kantor Kemenag Kota Singkawang. Ia berharap dengan adanya kunjungan ini, dapat menambah semangat dan suport dalam menghadapi pemeriksaan oleh BPK. Selanjutnya Nahruji mengungkapkan bahwa sebagai pegawai ia akan mendukung program dan kebijakan yang akan dilakukan Ka.Kanwil kedepan untuk Kementerian Agama yang lebih baik.(Jk/hms)

Berita: