Sintang. Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Kalimantan Barat Drs H Syahrul Yadi, M. Si ketika melakukan kunjungan kerja di Desa Manis Raya Kec. Sepauk Kabupaten Sintang, dirangkai dengan kegiatan Tabligh Akbar dalam rangka menyambut datangnya tahun baru islam 1439 H bersama masyarakat dan umat Islam Desa Manis Raya Minggu,10 September 2017 bertempat di Masjid Jami’ Assyfa, sekaligus meresmikan Bangunan MA Syu’latul Muna dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Madrasah Tsanawiyah Syu’latul Muna.

Hadir pada kesempatan itu, Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno,M. Med, Ph didampingi., Camat Sepauk, Anggota DPRD Kab. Sintang  Dapil Sepauk, ,Plh. Kakan Kemenag Kab. Sintang H. Nurhadi, S. HI, Kasi Madrasah Kantor Kementerian Agama Kab. Sintang H. Anang Nurkhalis, SE, S. HI,  tokoh agama, tokkoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pendidikan, dan ratusan umat Islam Desa Manis Raya

Jamaah yang hadir dalam acara tabligh tersebut tidak kurang dari 800 orang, yakni para jamaah yang berdomisili di Desa Manis Raya Kecamatan Sepauk  dan sekitarnya. Para orang tua, muda dan remaja semua berduyun-duyun mendatangi Masjid Jami’ Assyfa. Semuanya hadir untuk mendengar Uraian Hikmah Tahun Baru Islam 1439 H.

Tabligh Akbar yang mengusung tema, Perbanyak Muhasabah Demi Meningkatkan Kualitas Keimanan Menuju Masyarak Madani, diisi taushiyah oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Drs. H. Syahrul Yadi, M. Si. Dalam taushiyah tersebut, beliau  menyampaikan Uraian Hikmah 1 Muharram yang syarat dengan pelajaran berharga.

Beliau menyampaikan hal-hal terkait dengan Keimanan, Ibadah maupun muamalah. Ustad juga mengingatkan dalam tauhsiyah tersebut tentang kewajiban seorang muslim untuk selalu menjaga kehidupan ini dengan penuh amanah dan kasih sayang. Serta Perjalanan hidup seorang muslim tidak selamanya berada diatas jalan kebaikan, tetapi kadang kala ada rambu-rambu yang dilanggar seperti menunda-nunda shalat, ghibah, dusta, iri hati, maksiat dan lainya. Oleh karena itu, sebaiknya kita harus bisa menyediakan waktu untuk muhasabah/introspeksi diri, mengkaji dan mengevaluasi diri kita, mencoba untuk bercermin agar noda dan dosa yang melekat dalam diri menjadi terlihat jelas dan kita bisa segera melakukan perbaikan. 

Alangkah baiknya apabila kita selalu mengevaluasi apa yang telah kita lakukan dan juga melakukan persiapan untuk menggapai masa depan yang lebih baik  

Taushiyah yang berlangsung sekitar 1 jam tersebut, sangat menarik perhatian para jamaah, karena materi yang disampaikan oleh Beliau sangat menyentuh realita kehidupan. Para jamaah cukup perhatian kepada beliau, mengingat beliau baru pertama kali menyampaikan taushiyahnya pada Acara Tabligh Akbar di Desa Manis Raya ini.

Kegiatan yang berlangsung penuh hikmat tersebut, diakhiri dengan pembacaan doa oleh Koordinator Seksi Ibadah Masjid Jami’ Assyfa. Kemudian dilanjutkan dengan acara bersalam-salaman diantara para jamaah yang hadir.

Semoga dengan acara tersebut semakin memperkuat semangat para kaum muslimin dan muslimat Desa Manis Raya khususunya untuk dapat menjaga keimanan dan ke-Islaman mereka, serta menjadikan Peringatan 1 Muharram H tahun ini sebagai wahana perubahan yang lebih berati bagi kehidupan umat muslim diseluruh dunia. (akil)

Berita: