BENGKAYANG_Selasa (6/3) Aplikasi SIMARI merupakan aplikasi berbasis web yang sengaja dirancang untuk memanajemen arsip/surat menyurat secara digital. Tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah untuk memudahkan para pegawai dalam tata persuratan dan pengarsipan berkas-berkas penting. Adapun secara umum fungsi SIMARI ini ialah mencatat surat masuk dan surat keluar secara tertib serta pengambilan nomor surat yang teratur. Apilkasi yang telah difungsikan setahun yang lalu ini tujuan utamanya adalah untuk mengarsipkan dokumen-dokumen penting seperti SPM, laporan bendahara, hingga dokumen pribadi setiap pegawai Kemenag Bengkayang. Kemudahan yang didapatkan dari aplikasi ini adalah kemudahan mencari berkas lama yang telah diarsipkan secara digital, dan penomoran surat yang tersistem hingga tidak ada tumpang tindih nomor tata persuratan.

Setahun sejak awal di-launching, aplikasi Sistem Manajemen Arsip Digital (SIMARI) kini semakin disempurnakan, dan memanjakan para operatornya. Hal ini dibuktikan dengan di-launching-nya aplikasi SIMARI Gen. 2  Menurut Kreator aplikasi SIMARI, Ulil Amri, perbedaan dari SIMARI gen.1 dengan gen.2 adalah pada tampilan beranda pada aplikasi yang berbeda namun lebih mudah digunakan. Yang kedua adalah pada sistem jaringan, SIMARI  2017 dapat diakses pada jaringan localhost dengan link 192.168.1.254/bengkayang. Adapun SIMARI gen.2 2018 sudah dapat dikases dari mana saja dan kapan saja karena telah berada dijaringan online dengan link 36.66.238.33/simari.com. Adapun yang ketiga adalah pada user/operator. SIMARI 2017 hanya 2 user yaitu admin dan Operator, SIMARI 2018 ada 8 tingkatan pengguna beserta admin. SIMARI versi terbaru ini juga telah menerapkan sistem validasi dari aplikasi langsung.

Launching aplikasi SIMARI Gen.2 2018 ini dipandu langsung oleh Kasubbag TU H. Damsir, S.Ag, dan yang menjelaskan secara singkat aplikasi SIMARI 2018 ini adalah kreator SIMARI yaitu Ulil Amri. Setelah penjelasan singkat dari kreator SIMARI, tiba saat yang dinantikan yaitu launching / peluncuran secara simbolis aplikasi SIMARI Gen.2 2018 oleh Kepala kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Kalbar Drs. H. Ridwansyah, M.Si bersama dengan Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang, H. Sy. Machmud, SH dan Plt. Kabag TU H. Mi’rad, S.Ag dengan cara menekan tombal spasi pada Keyboard bersama-sama. Dengan ditekannya tombol keyboard secara bersama secara otomatis video peluncuran aplikasi SIMARI Gen.2 2018 muncul dan berjalan diikuti tepuk tangan dari seluruh hadirin.

Sebelum diluncurkan, aplikasi SIMARI Gen.2 2018 telah disosialisasikan ke operator masing-masing satker. Peluncuran aplikasi SIMARI Gen.2 2018  ini juga dihadiri oleh para kepala KUA, kepala MAN sanggau Ledo, para guru agama, staf KUA dan para penyuluh agama.

SIMARI merupakan sebuah inovasi terbaru yang dilakukan oleh Kemenag Bengkayang untuk mengatasi permasalahan pada tata persuratan dan pengarsipan. Dengan adanya SIMARI ini diharapkan dapat memudahkan pekerjaan pada tata persuratan dan pengarsipan. SIMARI telah diterapkan di Kemenag Bengkayang mulai awal tahun 2017. Kedepannya secara bertahap SIMARI juga akan diterapkan disemua KUA yang ada di kabupaten Bengkayang dan juga Madrasah.

Acara peluncuran aplikasi SIMARI Gen.2 2018 ini dibarengi dengan silaturrahmi dan pembinaan ASN kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang. Kreator SIMARI, Ulil Amri, berharap SIMARI dapat lebih memudahkan dan membantu pekerjaan ASN Kemenag Bengkayang dibidang tata persuratan dan pengarsipan. (Akhzari)

Berita: