Bengkayang- Sebagai bagian dari Kementerian Agama (Kemenag), Kantor Urusan Agama (KUA) mempunyai peranan penting dalam memberikan layanan terhadap masyarakat. Berfungsi sebagai layanan pencatatan pernikahan, manasik haji, dan penyuluhan agama, KUA menjadi garda terdepan dalam layanan publik instansi pemerintah berslogan Ikhlas Beramal itu.

Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Ridwansyah meresmikan 4 Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan di Kabupaten Bengkayang. Gedung baru ini dibangun melalui pembiayaan SBSN Tahun Anggaran 20187 Peresmian tersebut dilakukan secara simbolis di KUA Kecamatan Bengkayang Kabupaten Bengkayang.

Ridwansyah mengungkapkan, pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji berbasis Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) mensyaratkan status tanah harus atas sertifikat kepemilikan Kementerian Agama. “Dari 25 KUA yang sudah dibangun Tahun 2017, 4 di antaranya telah bersertifikat hak milik Kementerian Agama di Kabupaten Bengkayang layak untuk dibangun melalui pembiayaan SBSN.

“Insya Allah akan kembali kita bangun melalui SBSN pada tahun 2018 sebanyak 8 lokasi,” tambahnya. Pada kesempatan sama, Ridwansyah menjelaskan peran KUA sebagai garda terdepan Kemenag dalam layanan publik harus terus ditingkatkan. “Ini sebagai upaya revitalisasi gedung KUA,” katanya.

Lebih lanjut, Ridwansyah mengatakan terjadi peningkatan jumlah pembangunan gedung KUA di tahun 2017 lalu. “Tahun 2016, kita hanya mampu membangun 6 gedung KUA di Kalimantan Barat. Tahun ini, alhamdulillah, ada 25 KUA yang kita bangun (di seluruh Kalimantan Barat). Pada 2018 nanti, setidaknya ada 8 KUA yang akan kita bangun dan berdayakan,” terangnya.

Saat ini, kata dia, Kemenag dinilai beberapa pihak mengalami perubahan ke arah yang kebih baik. “Perubahan ke arah lebih baik terus dilakukan. Dalam konteks KUA misalnya, selain penyediaan sarana dan prasarana, Kemenag juga telah menerbitkan regulasi baru tentang administrasi pencatatan nikah,” ungkapnya.

Kegiatan peresmian tersebut dihadiri oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, Mi’rad, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang, Syarif Machmud. Tampak hadir juga dalam Kegiatan tersebut Camat Bengkayang dan seluruh jajarannya. (Gusti)

Berita: