Meningkatnya Layanan Masayarakat Melalui KUA 

Kantor Urusan Agama (KUA) mempunyai peranan penting dalam memberikan layanan terhadap masyarakat. Oleh karena itu unit kerja Kementerian Agama sebagai layanan pencatatan pernikahan, manasik haji, dan penyuluhan agama ini harus mampu memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Drs. H. Ridwansyah, M.Si saat meresmikan Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau, Rabu, 11/4/2018

Tidak hanya itu, kepada Jajaran Kemenag Kab. Sanggau dan para tokoh agama yang hadir Ridwansyah menjelaskan bahwa Gedung Balai nikah yang menghabiskan biaya hampir satu milyar tersebut dibangun melalui program pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang digulirkan pada tahun 2017.

“Dengan terbangunnya gedung ini tentu kita berharap agar layanan kinerja Kementerian Agama melalui KUA sebagai garda terdepan dalam layanan publik instansi pemerintah mampu bekerja secara profesional dengan berslogan Ikhlas Beramal,” jelas Ridwansyah.

Lebih lanjut Kakanwil menegaskan bahwa pada tahun 2017 Provinsi Kalimantan Barat telah memperoleh program pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji berbasis Surat Berharga Syariah Negara sebanyak 25 lokasi, diantaranya adalah KUA Kec. Sekayam Kab. Sanggau.

Ia menambahkan bahwa pada tahun 2018 Insya Allah akan kembali dibangun Gedung Balai nikah melalui program SBSN namun tidak sebanyak tahun sebelumnya. “Program ini tentu menjadi salah satu upaya revitalisasi gedung KUA untuk terus meningkatkan layanannya kepada Umat,” katanya. (Ir-Inmas)

Berita: