Senin, 23 September 2019, 09:46 andre

Sidang Isbat nikah terpadau kecamatan nanga taman dan belitang hilir kabupaten sekadau dilaksanakan di gedung pertemuan umum, Kamis (19/9/2019). Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama Pemerintah daerah melalui Disdukcapil, Pengadilan Agama Kelas sanggau dan Kementerian Agama kabupaten sekadau. 

Kepala kemenag sekadau Tengku Indra,"Isbat nikah dalam rangka penertiban buku nikah dan akta lahir". Pelaksanaan isbat nikah sebelumnya telah dilaksanakan MOU antara Kemenag sekadau, Disdukcapil dan PA sanggau. Ka.kemenag sekadau berharap kegiatan tersebut dapat terus berlanjut hingga masyarakat yang belum memiliki buku nikah dapat teratasi semua. 

Kepada masyarakat Tengku Indra menghimbau agar masyarakat menghentikan pernikahan dibawah tangan, karena berdampak kepada generasi yang akan datang terutama anak. Kalaupun pernikahan dibawah tangan dapat akta kelahiran, walinya akan atas nama ibunya, sehingga menimbulkan permasalahan dikemudian hari. 

Kepada PA sanggau kepala kemenag sekadau berharap dapat menuntaskan permasalahan bagi masyarakat yang belum memiliki buku nikah. Bahwa pasutri yang dulunya telah menikah secara sah namun belum mendapatkan buku nikah."Semoga dengan isbat nikah masyarakat yang menikah secara sah dapat memperoleh buku nikah," ujarnya. 

Sementara staf ahli bupati sekadau Bambang Darmawan menuturkan pemda sekadau akan terus menghimbau dan menindaklanjuti pada tingkat desa, akan di sosialisasikan kepada masyarakat. Bahwa diharapkan jangan lagi ada masyarakat yang menikah secara sirih. "Menikahlah yang bisa mendapatkan kekuatan hukum dari negara, kegiatan positif ini harus kita teruskan," tandasnya. (Andre) 

Berita Terkait