Sintang. Menindaklanjuti adanya informasi yang beredar terkait pelaksanaan tugas dan fungsi jajaran aparatur Kantor Urusan Agama (KUA), Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sintang, H. Anuar Akhmad, S. Ag melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke seluruh KUA yang bernaung pada Kantor Kementerian Agama Kab. Sintang, Selasa (15/11) giliran KUA Kecamatan Tempunak yang dikunjungi.

Tidak seperti biasanya, sidak Kakankemenag tersebut dilakukan secara mendadak yang hanya didampingi  Kepala Sub. Bagian Tata Usaha H. Syamsul Bahri, dan Kasi Bimas Islam H. Aswad, S. IP  . Kunjungan Kakankemenag sontak membuat seluruh aparatur KUA kaget, apalagi kedatangan orang nomor satu di Kementerian Agama Kab. Sintang tersebut tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya kepada pihak KUA.

Menurut H. Anuar Akhmad, pihaknya sengaja melakukan sidak pada pagi hari dijam kerja untuk mengetahui tingkat kedisiplinan para staff pegawai serta Kepala KUA, dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai seorang Aparatur Sipil Negara (ASN), yang mempunyai jam kerja selama 7,5 jam setiap harinya. Selain itu juga, untuk mengkonfirmasi secara langsung tentang berbagai isu miring yang beredar terkait dengan tingkat kehadiran para pegawai KUA.

Akhir-akhir ini beredar kabar miring tentang beberapa Kepala KUA, yang pulang lebih awal sebelum jam semestinya. Dan kunjungan ini sebagai tindak lanjut dari informasi yang beredar tersebut, terang Anuar Akhmad.

Namun berdasarkan hasil Sidak yang dilakukan tersebut, tidak ditemukan adanya perilaku indisipliner yang dilakukan para aparatur KUA sesuai dengan isu miring yang beredar, bahkan tingkat kehadiran para aparatur KUA tergolong sangat memuaskan yang dibuktikan dengan hasil print out kehadiran pegawai. "Alhamdulillah laporan tersebut tidak terbukti," ujar beliau.

Pada kesempatan tersebut, H. Anuar Akhmad turut memberikan peringatan kepada seluruh aparatur KUA, untuk dapat senantiasa menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan ketentuan berlaku khususnya terkait kedisiplinan pegawai. Jika ada pegawai yang melanggar aturan yang telah ditetapkan, pihak Kemenag Kab. Sintang tidak akan segan-segan dalam memberikan hukuman sebagi efek jera kepada pegawai yang melanggar, pungkas Beliau.( akil, sintang )

Berita: