Dalam rangka supervisi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sekadau H. Darohman, S. Ag,M.Si mengunjungi KUA Belitang Hilir didampingi Kasubbag Tata Usaha Kemenag Sekadau H. Suprapto, S. Pd. i bersama Kasi Bimas Islam Muslimun.,S. Ag dan Samsu Alam. S. Kom. berjarak 20 km dari kota sekadau perjalanan ke kecamatan Belitang Hilir harus menyeberangi sungai kapuas menggunakan ponton penyeberangan. 

Tiba di KUA Belitang Hilir telah menanti Kepala KUA Belitang Hilir M. Noor, S. Ag bersama para penyuluh. Di hadapan para penyuluh H. Darohman, S. Ag, M.Si mengucapkan terima kasih kepada penyuluh atas jasa dan pengabdian penyuluh kepada pemerintah khususnya Kemenag. Meskipun gaji honor sedikit karena ini merupakan panggilan jiwa mengabdi kepada masyarakat. Karena penyuluh dianggap sebagai yang mampu melaksanakan tugas di bidang keagamaan. 

Terkait administrasi sebaiknya di laksanakan sebagai tanggungjawab tugas dan fungsi. Kepala Kantor juga berpesan agar penyuluh berhati-hati dalam bertindak di masyarakat. "Karena penyuluh merupakan panutan bagi masyarakat. Maka saling mengingatkan satu sama lain beri masukan dan saran,"pintanya. 

Sebagai penyuluh hendaknya memberi kesejukan jika di minta pendapatnya,  jadilah pemadam jangan jadi kompor. Apalagi saat ini menjelang pemilukada maka memberikan pemahaman yang menyejukan kepada masyarakat agar tidak melakukan tindakan yang merugikan masyarakat itu sendiri. 

Berikutnya H. Darohman berharap penyuluh menjaga marwah Kementerian Agama, menjaga marwah Kemenag di masyarakat. Saling bahu membahu antara sesama penyuluh.  Saluran komunikasi di masyarakat hendaknya di fasilitasi, mendengar keluhan dan memberikan pemahaman yang menyejukan di masyarakat.

Selanjutnya Kasubbag Tata Usaha Kemenag Sekadau H. Suprapto, S.Pd.i mengajak semua pihak untuk turut mensukseskan pelaksanaan MTQ ke 4 di Kecamatan Belitang. "Terima kasih kepada penyuluh yang telah mengabdi kepada Kementerian Agama," ucapnya. 

Berikutnya Samsu alam S. Kom mengatakan Penyuluh memiliki Aplikasi yang berhubungan dengan kegiatan penyuluh. Aplikasi ini untuk mengukur kinerja Penyuluh Non PNS di lingkungan Kemenag. "Para penyuluh juga dibuatkan grup 'WhatsApp' agar memudahkan penyuluh Se-Kabupaten sekadau dalam berkomunikasi," harapnya. (Andre) 

Berita: