Masjid merupakan pusat pergerakan umat Islam dan salah satu yang menjiwai semangat keislaman di suatu daerah. Maka tidak heran apabila masjid-masjid pada saat ini dipenuhi dengan fasilitas-fasilitas yang mendukung pergerakan ibadah dan keilmuwan umat Islam, seperti dengan adanya fasilitas perpustakaan keagamaan, fasilitas sarana pendidikan Al-Qur’an, fasilitas kesehatan pengobatan sesuai sunnah nabi, fasilitas tempat pertemuan dan lain sebagainya. Sehingga masjid tidak hanya digunakan sebagai tempat fasilitas ibadah sholat yang apabila setelah selesai menunaikan ibadah sholat kemudian kosong tidak ada kegiatan.

Melengkapi masjid dengan berbagai fasilitas diharapkan ke depannya akan timbul kecintaan terhadap masjid terutama oleh generasi usia dini dan para pemuda, bahkan di beberapa negara masjid sudah melengkapi dirinya dengan sarana dan prasarana bagi umat muslim dissabilitas bahkan memiliki tempat penitipan anak yang dilengkapi dengan sarana permainan edukatif dan berbagai macam buku bacaan sehingga tidak akan ditemukan di dalam masjid yang berlari-lari di dalam shaf sholat ketika mengikuti orangtuanya sholat di Masjid.

Langkah inilah yang ingin diwujudkan oleh masyarakat di Dusun Teluk Banjar, Desa Sungai Raya Kabupaten Bengkayang untuk memugar dan melengkapi Masjid Babul Jannah dengan fasilitas parkir dan ruangan khusus untuk Taman Pendidikan Al-Qur’an sehingga suara dari kegiatan belajar mengajar tidak mengganggu bagi umat Islam yang sedang melaksanakan ibadah. Selain itu mengingat letaknya yang di tepi jalan lintas antar Kabupaten ke depannya dapat menjadi salah satu sarana bagi umat Islam untuk melaksanakan ibdaha ketika sedang dalam perjalanan serta memulihkan tenaga. Bahkan untuk keinginan tulus ini masyarakat setempat melakukan swadaya dana dengan gotong royong bahu membahu baik pikiran, tenaga dan dana yang dikumpulkan dari rumah ke rumah sehingga didapatlah dana kurang lebih Rp. 105.000.000,- serta berbagai perlengkapan pembangunan seperti semen dan besi batangan serta berbagai bahan bangunan yang akan digunakan dalam waktu dekat ini.

Melihat kesungguhan dan kegigihan serta keinginan luhur ini maka Bupati Kabupaten Bengkayang Suryatman Gidot beserta aparatur daerah turut hadir di dalam acara peletakan batu pertama pendirian Masjid Babul Jannah ini termasuk juga Kepala Kantor Kementerian Agama Kalimantan Barat Drs. H.Syahrul Yadi M.Si hadir meskipun menempuh perjalan puluhan kilometer untuk melihat suasana masyarakat di sana dan kebutuhan beragama umat Muslim di sana. Selain itu Drs. H.Syahrul Yadi M.Si dan Bupati Kabupaten Bengkayang Suryatman Gidot diberikan kehormatan untuk melakukan peletakan batu pertama ini.

Bupati Kabupaten Bengkayang Suryatman Gidot mengungkapkan dirinya akan mengakomordir niat baik dan tulus masyarakat Dusun Teluk Banjar serta siap membantu hal-hal yang diperlukan dalam memuluskan pendirian Masjid Babul Jannah bahkan dengan semangat Suryatman Gidot mengungkapkan kepada panitia agar melakukan penawaran bantuan pembangunan secara langsung karena dalam acara peletakan batu pertama ini banyak dihadiri oleh aparatur daerah dan tokoh masyarakat yang siap membantu. “Seharusnya panitia tadi langsung menawarkan hal-hal yang diperlukan dalam pembangunan Masjid ini, contoh kita butuh semen 100 sack siapa yang rela untuk menyumbang? Karena yang hadir di acara ini siap menyumbang semua sehingga pembangunan Masjid Babul Jannah cepat terealisasi”, ujarnya.

Tidak kalah semangatnya juga Drs. H.Syahrul Yadi M.Si mengingatkan kepada para hadirin bahwasanya barangsiapa yang membantu Allah maka Allah akan membantunya dan melapangkan urusannya. Dan Drs.H.Syahrul Yadi M.Si mengingatkan kepada Muslim yang membangunkan masjid di dunia ini maka Allah akan membuatkannya istana di surga. “Kita tidak perlu takut miskin karena membantu agama Allah, nanti berjanji barangsiapa yang membantu agama Allah, Allah akan membantunya dan melapangkan segala urusannya. Selain itu barangsiapa membantu memakmurkan dan membangun masjid di dunia maka Allah akan membangunkan baginya istana di surga nanti”, terangnya.

Setelah acara seremonial dilanjutkan acara inti yaitu peletakan batu pertama, Bupati Bengkayang Suryatman Gidot beserta Ka.Kanwil Kemenag Kalbar Drs. H.Syahrul Yadi M.Si tampak akrab dan kompak dengan bersama-sama masuk ke dalam lubang peletakan batu dan bersama-sama meletakan batu yang menjadi cikal bakal pembangunan Masjid Babul Jannah di Dusun Teluk Banjar Desa Sungai Raya Kabupaten Bengkayang ini. @luthfi/humas

Berita: