Pada Senin, 08 Oktober 2018, pegawai dari Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat datang ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat. Kanwil Kemenag Kalbar mempunyai ruang Arsip yang terletak di lantai 3, berdampingan dengan ruang ULP.

Maksud dan tujuan mereka datang ke Kanwil kementerian agama ini adalah untuk mengecek ruangan kearsipan Kanwil. Selain mengecek ruangan kearsipan mereka juga mendata arsip-arsip mana yang masih aktif dan inaktif. Arsip aktif, yaitu arsip yang masih dipergunakan terus-menerus bagi kelangsungan pekerjaan di lingkungan unit pengolahan suatu organisasi. Dan Arsip Inaktif, yaitu arsip yang frekuensi penggunanya sudah mulai menurun dan pengelolaannya dilakukan oleh unit sentral dalam suatu organisasi/instansi. Selain mendata arsip aktif dan inaktif, mereka juga mendata arsip yang akan dimusnahkan.

Pengcekan dan pendataan arsip-arsip kanwil kementerian agama ini juga dibantu oleh pegawai arsiparis Kementerian Agama Hj. Maryam.

Seperti yang disampaikan oleh pegawai dari kantor Perpustakaan dan Kearsipan, Asrikal saat diwawancarai, ia menyarankan supaya ruangan arsip kanwil letaknya jangan di lantai paling atas. “Sebaiknya ruang kearsipan itu harus dilantai dasar supaya lebih memudahkan pegawai untuk mencari arsip-arsip jika diperlukan nanti,”ujarnya.

Asrikal juga menyarankan untuk menerima anak magang untuk membantu kantor wilayah kemenag juga sebaiknya menerima mahasiswa dari jurusan kearsipan untuk magang di ruang kearsipan. "Supaya bisa membantu segala urusan tentang kearsipan agar mudah diatur dan dikerjakan. Karena di kemenag ini tenaga arsiparis sangat kurang,” tukasnya. (fachrul)

Berita: