Pada senin (9/4/2018) pagi, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Drs. H. Ridwansyah, M.Si, menerima kunjungan dari Pimpinan Wilayah Persaudaraan Muslimah (SALIMAH) Kalimantan Barat beserta pengurus lainnya di ruang kerja beliau.

Dewan Pengurus Harian PW Salimah Kalbar Ida Kusdiati, SP.MM menuturkan bahwa kunjungan tersebut bertujuan untuk mengadakan audiensi dengan Kakanwil dalam rangka silaturahim untuk menjalin hubungan kerjasama dengan instansi pemerintah, lembaga, Ormas dan media di Kalimantan Barat 

“Dalam silaturrahmi ini kami sampaikan visi dan misi Salimah untuk menjadi ormas perempuan yang kokoh dan dinamis dalam meningkatkan kualitas hidup perempuan anak dan keluarga Indonesia. Tidak hanya itu kami sampaikan pula pemaparan beberapa program unggulan yang kami lakukan di Kalimantan Barat,” jelas Ida Kusdiati. 

Selain itu Ida Kusdiati menjelaskan bahwa Salimah merupakan Ormas Independen Wanita Islam yang bergerak dibidang pendidikan dan dakwah yang  tidak terikat pada dan atau menjadi bagian dari pemerintah dan atau kelompok manapun sebagai tertuang dalam Anggaran Dasar dan Angaran Rumah Tangga (AD-ART) Bab 3 Pasal 2. 

Lebih lanjut Ketua PW Salimah tersebut menjelaskan bahwa Salimah ini berdiri pada tanggal 8 maret 2000 M / 2 Zulhijjah 1420 H Jakarta yang beralamat di Jl. Basuki Rahmat No.1A Jakarta Timur. Adapun Eksistensi organisasi ini ada pada 34 Provinsi se Indonesia dengan 1.450 Kecamatan dan 265 Kelurahan. Tidak hanya itu Salimah juga eksis di 2 perwakilan luar negeri yakni Taiwan dan Hongkong.

“Setelah Deklarasi Salimah di Kalbar tanggal 12 Januari 2002,  28 Sawwal 1422 H, maka Salimah Eksis di 13 Kabupaten/Kota, 24 Kecamatan dan 7 Kelurahan. Adapun Sekretariat DPW beralamat di Jl. Suwignyo No. 16b. Pontianak, 78116,” imbuhnya.

Terkait Komunitas yang tergabung dalam Persaudaraan Muslimah ini adalah Sekolah Ibu Salimah Terpadu (SISTER). Majelis Ta’lim, Komunitas Orang Tua Bijaksana (KOB), Baitul Qur’an Salimah (BQS), Gaya Hidup Sehat dan Hijau Hidroponik, Koprasi Syari’ah Serba Usaha Salimah (Kossuma), dan Pos Pembinaan Anak Yatim (P2AY), Pos Penanggulangan Musibah dan Bencana (P2MB).

Salah satu program unggulan yang disampaikan oleh Ida Kusdiati adalah Pelatihan Kepribadian Muslimah yaitu program yang mengasah dan meningkatkan kemampuan menjadi perempuan yang produktif yang berdaya guna bagi pribadi keluarga dan masyarakat.

“Alhamdulillah Kakanwil menyambut baik program yang kami sampaikan, bahkan beliau juga memberikan rekomendasi kepada kami untuk melibatkan guru-guru dibawah naungan Kementerian Agama  pada kegiatan mendatang,” tambahnya usai Audiensi dengan Kakanwil. (Ir-Inmas)

Berita: