SINGKAWANG. Dalam rangka mengisi Jabatan Eselon IV yang kosong, Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang menggelar acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Eselon IV yaitu Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Buddha Kantor Kemenag Kota Singkawang pada Senin (12/02). Pengambilan sumpah jabatan dilakukan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Drs. H. Nahruji, M.Si di Aula Kantor Kemenag Kota Singkawang. Turut hadir pada kegiatan ini, Kepala Seksi dan Penyelenggara, Kepala KUA, Kepala Madrasah beserta TU Madrasah, serta segenap pegawai Kantor Kemenag Kota Singkawang.

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia dengan Nomor: 178/Kw.14.1/KP.07.6/01/2018 tanggal 30 Januari 2018. Adapun pejabat yang dilantik dan diambil sumpahnya yaitu Warsito, S.Ag sebagai Kepala Seksi Bimas Buddha Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang.

Dalam amanatnya, Kepala Kantor menakankan bahwa pengambilan sumpah jabatan ini bukan hanya sebatas seremonial, namun memiliki makna yaitu kewajiban bagi para pegawai yang dilantik untuk mentaati segala peraturan dan menjauhi segala larangan dalam mengemban tugas dan tanggung jawab sehingga kata-kata sumpah yang diucapkan dapat diimplementasikan dalam menjalankan amanah sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

Selanjutnya, Kepala Kantor juga menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat bergabung dengan keluarga besar Kantor Kemenag Kota Singkawang. Ia menyampaikan bahwa tugas berat kedepan telah menunggu mengingat jabatan Kasi Bimas Buddha ini telah lama mengalami kekosongan. Terlebih lagi dalam waktu dekat, Kasi Bimas Buddha akan menghadapi kegiatan besar berupa Tahun Baru Imlek dan kegiatan Perayaan Cap Go Meh (CGM). Nahruji mengungkapkan perayaan CGM di Kota Singkawang merupakan miniatur perayaan CGM di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari tahun-tahun sebelumnya Kota Singkawang merupakan destinasi utama para wisatawan untuk menyaksikan perayaan CGM. Oleh karena itu, dengan adanya Kasi Bimas Buddha yang baru dapat mensukseskan perayaan CGM terkait tata cara dan administrasi peserta yang akan ikut dan ambil bagian pada perayaan tersebut.

Untuk itu, ia berharap kepada pejabat yang baru dilantik dan diambil sumpahnya pada hari ini untuk dapat menyesuaikan diri dengan jabatan yang baru yaitu dengan selalu mempelajari regulasi yang berlaku. Selain itu ia juga berharap pada pejabat yang baru dilantik untuk dapat memberikan warna baru bagi Kantor Kemenag Kota Singkawang dengan inovasi-inovasi baru dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat untuk bersama-sama membangun kinerja Kantor Kemenag Kota Singkawang yang lebih baik dimasa yang akan datang. Rangkaian acara diakhiri dengan do’a dan satu persatu hadirin bersalaman dengan memberikan ucapan selamat pada pejabat yang baru selesai dilantik dan diambil sumpahnya.(Jk/hms)

Berita: