Mengambil tempat di ruang kerjannya, Kasi Bimas Islam, Kamadi, S. Ag masih sibuk memeriksa berkas pelamar Calon Penyuluh Agama Islam Non PNS. Beliau selaku ketua panitia seleksi mempunyai kewajiban untuk melakukan penyeleksian terhadap Penyuluh Agama Islam Non PNS untuk periode tahun 2017.

Penerimaan berkas lamaran dilakukan melalui 2 gelombang. Gelombang pertama dilakukan pada tanggal 26 September 2016 s.d 7 Oktober 2016. Pada pendaftaran gelombang pertama, hanya terdapat 5 pendaftar. Maka, Panitia Seleksi Rekruitmen Penyuluh Agama Islam Non PNS membuka penerimaan pendaftaran gelombang kedua yaitu dimulai dari tanggal 10 Oktober 2016 s.d 31 Oktober 2016 yang lalu.

Sejak ditutupnya pendaftaran seleksi Penyuluh Agama Islam Non PNS pada tanggal 31 Oktober 2016 yang lalu, total keseluruhan pelamar adalah sebanyak 63 orang pelamar, Jelas Kamadi. Sejak tanggal 1 November 2016 kemarin, Beliau dengan teliti menyeleksi berkas pelamar satu demi satu. Beliau menceklist kelengkapan pelamar jika berkas tersebut ada sesuai dengan persayaratan yang diumumkan dan menyilang jika persyaratan pelamar tidak lengkap.

Dari jumlah seluruh pelamar yang ada, hanya 7 Orang pelamar yang memenuhi Kualifikasi Pendidikan S1 Keagamaan non Tarbiyah, sedangkan selebihnya adalah peserta dengan kualifikasi Pendidikan S1 Keagamaan jurusan tarbiyah, Tamatan SMA, SLTP, Tokoh/Pemuka Agama yang memang sudah aktif di majelis-majelis ilmu dan terbiasa memberikan tausiyah/penyuluhan/ceramah dalam majelis ilmu di tempat mereka masing-masing.

Kamadi, S. Ag juga menginformasikan bahwa para pelamar ini akan diseleksi secara administrasi dan sejak tanggal 1 November 2016 hingga saat ini, Saya dan 3 orang tim lainnya terdiri dari Ka. Subbag Tata Usaha, H. Kuwatno, S. Pd, I, Kasi Pendis, H. Ruslan, S. Ag, MA dan Unsur Kepegawaian, Maulina S. Sos sudah melakukan penyeleksian kelengkapan berkas. Semula Kepanitiaan ini ada yang dari Penyuluh Agama Islam Sudirmansyah, S. HI, akan tetapi dikarenakan yang bersangkutan sedang melaksanakan Diklat Jabatan Fungsional Pembentukan Jabatan Fungsional Penghulu Angkatan III, IV dan V di Kampus Balai Diklat Keagamaan Jakarta, oleh karena itu Kami mengganti yang bersangkutan dengan Maulina, karena penyaringan Penyuluh Agama Islam Non-PNS ini juga berkaitan dengan kepegawaian, Ungkapnya.

Jadi, setelah berkas semua pelamar selesai diperiksa, dari tim akan melakukan rapat tertutup untuk pengumuman peserta atau pelamar yang berhak dan memenuhi persyaratan untuk mengikuti tes selanjutnya yaitu tes tertulis dan tes wawancara. Pengumuman Kelulusan Seleksi Administrasi Kami rencanakan pada tanggal 11 November 2016, karena merujuk daripada juknis tentang penyeleksian Penyuluh Agama Islam Non PNS yaitu pengumuman kelulusan seleksi berkas administrasi yang dijadwalkan pada minggu kedua bulan November 2016.

Oleh karena itu, setelah selesai memeriksa berkas semua pelamar, kami dari tim akan rapat tertutup untuk memutuskan pelamar yang berhak mengikuti tes selanjutnya dan tanggal kapan pengumuman tersebut akan diumumkan serta media yang digunakan untuk mengumumkan hasil seleksi tersebut, Jelas Kamadi.

Selain itu, beliau juga menjelaskan bahwa sesuai dengan jadwal yang telah diedarkan serentak untuk seluruh kankemenag Kabupaten/kota, untuk tes tertulis dan tes wawancara akan dilaksanakan pada minggu ke-empat bulan November 2016, untuk tanggal kepastian akan kami informasi lagi kepada semua pelamar karena kami harus koordinasikan lagi ke kanwil tanggal kepastian tes tertulis dan wawancaranya.

Dan, untuk mekanisme tes tersebut bisa saja dilakukan dalam 1 hari dihari yang sama. Artinya apabila sudah ditentukan tanggal dan waktu tes tertulis maka bisa saja di hari setelah selesai tes tertulis dilakukan langsung tes wawancara setelah itu kami akan umumkan nilai-nilai peserta tes berdasarkan rangking, jelas Kamadi.

Dan untuk pengumuman kelulusan seleksi penerimaan Penyuluh Agama Islam Non PNS yang telah melalui penjaringan ini akan diumumkan pada minggu pertama Bulan Desember 2016 mendatang, Penerbitan Surat Keputusan Penyuluh Agama Islam Non-PNS dijadwalkan pada minggu ketiga bulan Desember 2016 dan Pengiriman Tembusan SK Pengangkatan Penyuluh Agama Islam Non-PNS tersebut akan dijadwalkan pada minggu ke-empat Bulan Desember mendatang, tambahnya.

Berita: