Kasi Bimbingan Masyarakat (BIMAS) Islam, Usman.R, S.Pd.I beserta Staf mengunjungi KUA Kecamatan Pontianak Barat pada Senin (12/3/2018). Adapun maksud kunjungan Usman dan Stafnya yakni melakukan monitoring ke KUA yang beralamat di Jalan Tabrani Ahmad komplek kantor Camat Pontianak Barat.

Staf Bimas Islam yang melakukan monitoring ke KUA Kecamatan Pontianak Barat bersama Usman yakni, Hj.Telaha, Syf.Rasyiah, Muslimah,SH, Raini,S.Pd.I, Suryo Putro,S.Th.I dan Maryam. Kedatangan Usman beserta Staf disambut baik oleh Kepala KUA Kecamatan Pontianak Barat yakni H.Muslimin, S.Ag.

Setelah menjelaskan maksud kedatangan Usman beserta Staf ke KUA Kecamatan Pontianak Barat, Muslimin mengucapkan terima kasih atas kedatangan Usman beserta Staf dan berharap adanya kritik dan saran dari Usman beserta Staf untuk peningkatan pelayanan kepada Masyarakat ke depan.

Personil KUA Kecamatan Pontianak Barat yakni : Muslimin, S.Ag sebagai Kepala KUA, Parida, Hj. Yenny Yuniar, Zainab Juniawati, dan Bedri sebagai Staf Pelaksana KUA, Musa, S.Pd.I dan H.Aswadi,SHI sebagai Penghulu Fungsional KUA Kecamatan Pontianak Barat.

Adapun monitoring yang dilakukan oleh Usman beserta Staf ke KUA Kecamatan Pontianak Barat yakni melaksanakan pembinaan tentang Juknis (petunjuk teknis) pengisian buku stok KUA dan kelengkapan berkas NB atau daftar pemeriksaan nikah dari Januari 2017 sampai dengan Februari 2018.

Usman yang ditemui di ruang kerjanya pada selasa (13/2/2018) mengatakan, Hasil monitoring yang dilakukan ke KUA Kecamatan Pontianak Barat dalam hal administrasi dan pelayanan kepada Masyarakat cukup baik, cuma ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan kembali ketelitiannya dalam hal penulisan data-data dalam berkas NB (daftar pemeriksaan nikah).

Sedangkan tentang perkawinan dibawah umur, selama tahun 2017 Catin yang melakukan perkawinan atas rekomendasi Pengadilan berdasarkan Undang-Undang nomor 1 tahun 1974 pasal 7 hanya 2 pasang sedangkan Catin yang melakukan perkawinan atas persetujuan orang tua atau melampirkan N5 berdasarkan Undang-undang nomor 1 tahun 1974 pasal 6 berjumlah 60 pasang.

Di akhir wawancaranya, Usman yang juga Mantan Penyelenggara Syariah Kantor Kamenterian Agama (Kemenag) Kota Pontianak ini juga menjelaskan tentang tanah wakaf yang ada di wilayah Kecamatan Pontianak Barat yakni berjumlah 135 tanah wakaf. **(Ima/Ptk)

Berita: