SINGKAWANG. Senin (4/9), Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang H. Azhari, M.Si diundang sebagai narasumber untuk menyampaikan materi pada kegiatan Pelatihan Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (TP UKS) Kota Singkawang.

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan TP UKS Kota Singkawang ini bertempat di ruang Bumi Bertuah Kantor Walikota Singkawang dengan peserta sekitar 60 orang yang terdiri dari seluruh TP UKS Kecamatan, Guru Pengelola UKS dari tingkat TK/RA sampai dengan tingkat SMA/SMK/MA yang ada di Kota Singkawang.

Pada kegiatan tersebut Azhari menyampaikan materi tentang Konsep Ajaran Islam tentang Kesehatan. Dalam penyampaian materinya ia menyampaikan ajaran Islam sangat lengkap tentang kesehatan. Diantara cara Islam menjaga kesehatan ialah menjaga kebersihan jasmani dengan melaksanakan syariat wudlu dan mandi secara rutin bagi setiap muslim serta menjaga kebersihan lingkungan. Kebersihan merupakan syarat bagi terwujudnya kesehatan, dan sehat adalah salah satu faktor yang dapat memberikan kebahagiaan.

Ia melanjutkan, dalam membangun konsep kebersihan, Islam menetapkan berbagai macam peristilahan tentang kebersihan. Yaitu istilah thaharah, nazhafah, tazkiyah, dan fitrah. Thaharah biasa digunakan untuk menyebut kebersihan badani sebagai syarat untuk melaksanakan ibadah. Nazhafa biasanya gunakan untuk menyebut lingkungan sekitar yang bersih. Tazkiyah digunakan untuk menyebut kebersihan sesuatu yang tidak tampak. Sedangkan fitrah biasa digunakan untuk menyebut kebersihan holistik umat manusia berkenaan dengan keyakinan dan jiwa.

Begitu pentingnya kebersihan, dalam Al Qur’an dan Hadits banyak sekali tuntunan dan petunjuk untuk menjaga kebersihan, salah satunya terdapat dalam QS. Al-Baqarah ayat 222: “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan orang-orang yang menyucikan diri.” Oleh karena itu, ia menyampaikan kepada para peserta yang merupakan penggiat kebersihan dilingkungan sekolah untuk bersama-sama menciptakan lingkungan yang bersih apalagi sekolah merupakan tempat untuk menuntut ilmu. Dengan adanya lingkungan yang bersih, sehingga para siswa dapat menuntut ilmu dengan nyaman dengan harapan dapat melahirkan generasi yang berkualitas yang dapat membangun bangsa dan negara.(Jk/hms)

Berita: