Staf Ahli Bidang Politik dan hukum Drs. H. Aminuddin, M.SI  mengatakan Jamaah Haji (JH) yang baru saja kembali ke Tanah Air menjadi motivasi bagi umat Islam lainnya untuk ikut segera menunaikan Rukun Islam yang kelima itu. Hal tersebut dikatakannya saat menyambut kedatangan JH Kelompok Terbang (Kloter) 15 BTH asal Kabupaten Sambas dan Kota Pontianak di Asrama Haji Batam, tadi malam, Kamis (22/9).

Dia menambahkan bahwa predikat haji yang telah diperoleh mudah-mudahan bisa terjaga kemabruran hajinya, oleh karena itu sepulangnya di kampung halaman tentu akan menjadi panutan bagi masyarakat sekitarnya, sehingga sudah selayaknya predikat haji yang diperoleh dapat mengantarkan kepribadian seorang muslim yang lebih baik. 

Dia juga mengatakan proses penyelanggaraan ibadah haji tahun ini berjalan relatif lancar dan tertib berkat kerjasama semua pihak. Ungkapan terima kasih kepada PPIH Debarkasi Batam dan stakeholders disampaikan langsung pada acara penyambutan JH Kalbar tersebut. 

“Salam duka kami sampaikan kepada seluruh keluarga JH yang wafat. Kita doakan semoga JH yang wafat diterima amal ibadahnya dan mendapat tempat terbaik,” ucapnya lagi.

Sementara itu Ketua Kloter 15 BTH H. Ardani Abdul Rani mengatakan proses pelaksanaan ibadah haji Kloter 15 BTH berjalan lancar, saat diberangkatkan dari tanah air jumlah JH sebanyak 449 orang namun dalam pelaksanaan ibadah haji ada 5 orang yang wafat sehingga jamaah Kalbar yang kembali berjumlah 444 orang, namun ada juga dua JH yang mutasi ke Kloter 15 yakni dari BTH 4 dan 5 masing-masing satu orang sehingga jumlah keseluruhan jamaah yang kembali pulang sebanyak 446 orang.

Kesan yang dialami selama menunaikan ibadah haji adalah syarat dengan ujian dan tantangan diantaranya masih banyak jamaah yang tersesat sehingga para petugas bekerja keras dalam ibadah tersebut. "Ditambah lagi dengan proses administrasi layanan dan informasi bagi jamaah yang wafat yang cepat, tentu menjadi pengalaman tersendiri bagi para petugas haji," jelas Ardani. (ir-inmas)

Berita: