Jum'at, 24 Januari 2020. Hujan rintik - rintik di bumi Melawi. Namun hal tersebut tidak mengurangi semangat para siswa hadir ke sekolah. Jika cuaca cerah agenda rutin adalah senam bersama dan bersih - bersih lingkungan. Namun karena cuaca mendung dan hujan turun rintik - rintik maka waka kesiswaan Ibu Sulistyowati, S. Pd memutuskan senam untuk tidak dilakukan. 

Agenda dilaksanakan pengarahan dan pemilihan ketua OSIS yang baru menggantikan ketua OSIS periode sebelumnya Muhammad Ilham Abdul Halim. Koridor MTsN 2 Melawi yang cukup luas menjadi tempat para siswa untuk melaksanakan pesta demokrasi di madrasah.

Namun ada yang menarik di depan teras madrasah tersedia meja - meja yang di penuhi dengan makanan dan minuman. Hari ini ternyata merupakan jadwal praktek pelajaran IPS yang diasuh Ibu Isam, S. Pd.I. Praktek berjualan kuliner hasil karya kelompok kelas VIII. Tampak ada kue pisang coklat, nasi kuning, mie goreng, es teh, es kelapa muda, kue sagu dan lain - lain.

Para siswa terlebih dahulu mengadakan pemungutan suara dan mendengarkan kampanye dari para kandidat ketua OSIS. Terpilih Muhammad Fatir sebagai Ketua OSIS baru menggantikan Muhammad Ilyas Abdul Halim. Wakil ketua Muhammad Yusuf yang merupakan adik kandung dari Muhammad Ilyas Abdul halim sang ketua OSIS yang lama.

Setelah pemenang memberikan pidato kemenangannya dilanjutkan dengan belanja di friday market. Jualan para siswa diserbu oleh pembeli yang tidak lain adalah para siswa sendiri dan guru - guru. Harga jualan yang dibandrol murah dan sangat terjangkau membuat dagangan mereka ludes dalam sekejap. Para siswa mengambil pelajaran bagaimana berwirausaha dan menghasilkan uang. Agar dapat menjadi bekal dimasa mendatang serta menumbuhkan semangat enterpreneur dikalangan pelajar MTsN 2 Melawi.

Kegiatan tersebut disambut baik oleh Ibu Kamad Wiwik Setiyorini, S. Ag. Beliau menekankan kepada para siswa untuk mengambil pembelajaran dari setiap materi yang diberikan para guru. Pola pengajaran yang membuat siswa aktif dan mempraktekkan ilmu yang diperoleh. Tak lupa Ibu Kamad ikut membeli air kelapa muda dari friday market ini. Semoga semangat wirausaha dikalangan para siswa kelak dapat melahirkan pengusaha muda yan sukses di masa depan. (Okta)