Bengkayang – Berdasarkan Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama R.I, Nomor 575 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2018, maka Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang melalui Seksi Pendidikan Islam menggelar seleksi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kabupaten, bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang, secara serentak secara nasional pada Sabtu, 12 Mei 2018.

Pelaksanaan KSM ini diikuti oleh 66 peserta siswa/siswi madrasah di Kabupaten Bengkayang. Untuk peserta Madrasah Ibtidaiyah (MI) berjumlah 16 peserta dari 8 MI, Madrasah Tsanawiyah (MTs) berjumlah 21 peserta dari 6 MTs, dan Madrasah Aliyah (MA) berjumlah 29 peserta dari 3 MA. Sedangkan bidang yang dilombakan untuk tingkat MI yaitu Matematika Terintegrasi dan SAINS IPA Terintegrasi. Tingkat MTs yaitu Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, dan IPS Terpadu Terintegrasi. Tingkat MA yaitu Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, dan Geografi Terintegrasi.

Kasi Pendidikan Islam, H. Uyung Yuliza, S.Pd.I menyebutkan ada sesuatu yang berbeda dalam pelaksanaan KSM tahun 2018 ini, mulai dari pendaftaran madrasah dan peserta yang dilaksanakan secara online pada official web KSM hingga soal ujian yang sudah didesain terintegrasi dengan keIslaman. Juga tujuan diadakannya kegiatan KSM Tingkat Kabupaten Bengkayang ini adalah untuk menyeleksi para peserta yang nantinya dapat mewakili KSM ke Tingkat Provinsi Kalimantan Barat pada tanggal 25 Juli 2018 mendatang, dan harapannya hasil dari kegiatan KSM ini supaya berkembangnya bakat dan minat siswa di bidang Sains sehingga dapat berkreasi dan mencintai Sains.

“Tahun 2018 ini pelaksanaan KSM Tingkat Kabupaten berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pendaftaran madrasah dan peserta dilakukan secara online, begitu juga soal yang diujikan didesain terintegrasi dengan keIslaman. Juara satu dari setiap bidang lomba akan mewakili Kabupaten Bengkayang pada KSM Tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang dilaksanakan pertengahan Juli mendatang. Melalui KSM ini, harapannya juga siswa madrasah dapat mengembangkan bakat dan minatnya dalam bidang Sains, dan bisa melanjutkan prestasi tersebut di tingkat provinsi dan juga nasional,” ucapnya.

Adapun sebagai pemenang pada KSM Tingkat Kabupaten Tahun 2018 ini, dan berhak mewakili Kabupaten Bengkayang pada KSM Tingkat Provinsi Kalimantan Barat mendatang untuk jenjang MI bidang lomba Matematika Terintegrasi adalah Mukhamad Hamzah, sedangkan bidang lomba SAINS IPA Terintegrasi yaitu Zahra Khairunnisa, semuanya adalah siswa/siswi MIS Syuhada Bengkayang. Untuk jenjang MTs bidang lomba Matematika Terintegrasi yaitu Luklu Il Maknun, bidang IPA Terpadu Terintegrasi adalah Ilham Dwi Ardika Putra, sedangkan bidang IPS Terpadu adalah Dewi Ardiyanti, semuanya adalah siswa/siswi MTsS YASTI Sanggau Ledo.

Sementara itu, untuk jenjang MA bidang lomba Matematika Terintegrasi adalah Tri Nurhafuza, bidang lomba Fisika Terintegrasi yaitu Fera Juniarsih, bidang lomba Geografi Terintegrasi yaitu Dewi Astuti, sedangkan bidang lomba Ekonomi Terintegrasi yaitu Siti Aisyah, semuanya adalah siswa/siswi MAS Nurul Ummah Sungai Duri. Adapun MAN Sanggau Ledo diwakili oleh Yunita Kusmanningrum dengan bidang lomba Biologi Terintegrasi, dan Sulis Nurhalijah dari MAS Al Ma`arif Sungai Duri dengan bidang lomba Kimia Terintegrasi. (s2p/bky)

Berita: