Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sekadau menyelenggarakan dialog Lintas Agama,Kamis(12/4/2018). Acara yang berlangsung di Hotel Vinca Borneo Sekadau tersebut di buka oleh Ka. Kanwil Kemenag Kalbar  H.  Ridwansyah,M.Si dan di hadiri Kepala Kantor Kemenag Sekadau H. Darohman, S. Ag. M. Si,  Ketua DPRD Sekadau Albertus Pinus, S. Sos.MH, Kajari Andri Irawan SH. MH ketua FKUB Paulus Lion beserta anggota,  tokoh agama,  tokoh masyarakat dan adat. 

Kakanwil Kemenag Propinsi Kalimantan Barat H.Ridwansyah,M.Si mengatakan pertemuan sebagai bentuk silaturahmi menghilangkan perbedaan. Dalam rangka membangun kerukunan umat beragama bukan hanya tanggung jawab pemerintah,  namun tanggung jawab semua lapisan masyarakat termasuk tokoh agama dan tokoh masyarakat. 

Di Kalimantan Barat telah terbentuk 14 sekretariat di tiap Kabupaten Kota. Di kisahkannya pada tahun 2015 telah dianggarkan untuk pembangunan gedung FKUB untuk Kabupaten sekadau namun karena ada moratorium penghematan anggaran, sehingga pembangunan gedung FKUB untuk Kabupaten Sekadau di tunda sampai batas waktu yang belum di tentukan. 

Berikutnya Kepala Kemenag Sekadau H. Darohman, S. Ag. M. Si berpesan kepada tokoh agama,  tokoh masyarakat dan adat untuk selalu menjaga kerukunan di Kabupaten Sekadau. Mulai dari tanggung jawab mengenai ketentraman, keamanan,  dan ketertiban agar terwujudnya kerukunan umat beragama, menumbuh kembangkan keharmonisan saling pengertian, saling menghormati, dan saling percaya di antara umat beragama. Sikap tenggang rasa, menghargai, dan toleransi antar umat beragama merupakan indikasi dari konsep trilogi kerukunan.

Ketua DPRD Albertus Pinus, S. Sos.MH, mengungkapkan Ia selalu menyambut baik setiap kegiatan yang di laksanakan. Ia berharap diskusi mendapatkan hasil bagaimana menciptakan ahlak generasi muda yang baik ke depannya. DPRD juga berupaya dengan membangun rumah ibadah yang di anggarkan dalam APBD daerah. Semoga pertemuan ini dapat menghasilkan sesuatu untuk perkembangan ahlak generasi muda Kabupaten Sekadau ke depan, "harapnya. 

Kapolres Sekadau di wakili Kapolsek Sekadau Hilir IPDA.Arisman mengajak masyarakat untuk menjadi polisi bagi diri sendiri. Mari bersama untuk tidak menjadi korban kejahatan dengan menjadi polisi bagi diri sendiri. Kepolisian berperan dengan mendekatkan diri kepada masyarakat. Salah satunya aktif dalam pengamanan pesta Demokrasi dan kegiatan keagamaan.  

Sementara Ketua Persatuan Orang Melayu (POM) DPC Kecamatan Sekadau Hilir Syamsul Bahari yang hadir pada kesempatan itu berharap semoga Kabupaten Sekadau tetap aman tentram,  saling berbagi saling membantu antar agama dan suku. Terlebih lagi sering mengadakana silahturahmi sehingga mempererat persaudaraan. Untuk masalah besar kita kecilkan untuk masalah kecil kita hilangkan," tukasnya. (Andre) 

Berita: