Kubu Raya – Kepala Seksi Pendidikan Islam Kementerian Agama Kabupaten Kubu Raya H. Agus Safwan didampingi dua orang staf Yaumi dan Indah Waluyanigrum memverifikasi izin operasional Pondok Pesantren (Pontren) Darul Falah dan Pondok Pesantren (Pontren) Muinul Islam di Kecamatan Sungai Kakap jam dua siang, Rabu (18/10).

Pengasuh Pondok Pesantren Darul Falah Ust. H. Zainul Arifin menyambut baik kedatangan tim verifikator ini. Setelah sampai Agus Safwan berkeliling melihat secara langsung lokasi ruang kelas para santri. "Semangat para santri disini, tetap kami jaga dan kami tumbuhkan bukan hanya untuk keberlangsungan pondok pesantren akan tetapi ilmu akhlak yang baik, untuk melawan sisi negatif dari era globlalisasi sekarang ini," ujar Pengasuh Pontren yang terletak di Jalan Bujama Pal IX Kecamatan Sungai Kakap ini.

Berbeda dengan Pondok Pesantren Muinul Islam yang terletak di Jalan Primer Jeruju Besar Kecamatan Sungai Kakap yang mengusung konsep kelas dengan pendekatan alam, terbuka dan alami. Dimana ruang belajar diatas rumah panggung yang terbuka dengan sisi kanan dan kiri pohon kelapa yang meyegarkan mata. Kedatangan tim verifikasi ini diterima oleh Ketua Pondok Pesantren Ust. Abdul Muis beserta pengajar di pondok ini dalam suasana kekerabatan dan kekeluargaan.

Agus Safwan pesankan, verifikasi ini untuk bukan hanya untuk membenahi pesantren dari segi legalitas, administrasi, fisik bangunan akan tetapi kami Kantor Kementerian Agama melalui bidang Pendis sangat mendukung keberlangsungan pondok ini, menjadi lebih baik.

(Bond/KKR)

Berita: