Sehubungan dengan adanya Program IKM ( Indeks Kepuasan Masyarakat  ) terhadap layanan KUA yang ada di Kabupaten dan Kota se Kalbar dan Implementasi dari Kegiatan di Hotel Mercure Pontianak pada tanggal 21 – 23 Mei 2017, Bidang Urais dan Binsyar melalui Kasi Pemberdayaan KUA Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Aris  Sujarwono, MH didampingi oleh M.Mirza Idrab dan Denni Sapriadi, S.Sos melaksanakan Sosialisasi IKM dan e-Monitoring  di Kantor Kementerian Agama Kab. Sintang pada Hari Rabu Tanggal 23 Agustus 2017 di Aula Kemenag Kab. Sintang.dan diikuti  13 orang Kepala KUA Kecamatan yang ada di Kab. Sintang

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Plh. Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sintang yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi Bimas Islam H. Aswad, S. IP mengatakan, Melalui aplikasi e-monitoring diharapkan Kantor Urusan Agama ( KUA ) Kecamatan dapat melakukan pengisian instrumen monitoring KUA dari Ditjen Bimas Islam Kemenag RI dan diharapkan data-data pada KUA dapat tersaji dengan mudah dan cepat untuk membangun basis data Ditjen Bimas Islam Kemenag RI. Sebelum mengisi data pada aplikasi sebaiknya menyiapkan data fisiknya terlebih dahulu agar dalam pengentrian ke aplikasi dapat cepat dilakukan.

Sementara itu Kasi Pemberdayaan KUA Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Aris Sujarwono, MH menjelaskan dengan menginstall aplikasi e-Monitoring jumlah pegawai pada KUA, aliran keagamaan, sarana & prasarana KUA, status bangunan Kantor KUA Kecamatan akan mudah terpantau secara update.

Setelah aplikasi e-Monitoring KUA terinstal, langkah yang harus dilakukan adalah melakukan registrasi masing-masing KUA Kecamatan. ''Proses registrasi hanya bisa dilakukan sekali saja untuk selanjutnya login dan dilanjutkan dengan mengisi beberapa form data,'' jelas Aris dihadapan Kepala KUA Kecamatan.

Selanjutnya beliau  mengingatakan sebelum mengisi data pada aplikasi, yang penting adalah menyiapkan data fisik terlebih dahulu, sehingga bisa cepat dalam mengentri ke aplikasi.

Ditambahkannya, aplikasi e-Monitoring KUA akan mudah dijalankan karena penggunaan HP android sudah bukan lagi barang langka dalam penggunaannya. ''Kami yakin penggunaan aplikasi eMonitoring KUA ini tidak akan mengalami kendala dalam mengupdate data,'' tukasnya.

Dengan diadakannya sosialisasi e-monitoring ini diharapkan kepada kepala KUA mampubekerja secara lebih Profesional lagi dan dapat  memberikan laporan data dengan lebih mudah, cepat dan akurat. ''Kami berharap tak ada kendala, sehingga mampu memberikan data yang dibutuhkan,'' pungkasnya. ( akil. Sintang )

Berita: