Sintang, Penyuluh Agama mempunyai peranan sebagai pembimbing masyarakat, sebagai panutan dan sebagai penyambung tugas pemerintah. Penyuluh agama Islam mempunyai fungsi yang sangat dominan dalam melaksanakan kegiatannya, yaitu : Fungsi Informatif dan Edukatif, ialah Penyuluh Agama Islam memposisikan sebagai dai yang berkewajiban mendawahkan Islam, menyampaikan penerangan agama dan mendidik masyarakat dengan sebai-baiknya sesuai ajaran agama.

Fungsi Konsultatif, ialah Penyuluh Agama Islam menyediakan dirinya untuk turut memikirkan dan memecahkan persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat, baik secara pribadi, keluarga maupun sebagai anggota masyarakat umum. Fungsi Advokatif, ialah Penyuluh Agama Islam memiliki tanggung jawab moral dan sosial untuk melakukan kegiatan pembelaan terhadap umat / masyarakat dari berbagai ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang merugikan aqidah, mengganggu ibadah dan merusak akhlak.

Oleh karena itu Berdasarkan Keputusan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor DJ.III.423 Tahun 2016, Tentang Petunjuk Teknis Pengangkatan Penyuluh Agama Islam Non PNS dan Pengumuman yang di keluarkan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Nomor 803/Kw.14.6/1/BA.00/08/2017 tanggal 15 Agustus 2017 tentang  Pelaksanaan Rekrutmen Penyuluh Agama Islam Non Pegawai Negeri Sipil, untuk memenuhi kekurangan kouta Kab. Sintang sebanyak 47 orang dan Surat Pengumuman yang dikeluarkan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang Nomor B-2701/Kk.14.10.6/BA.01.1/08/2017 perihal Pengumuman Kuota Penyuluh Non PNS, maka dengan dasar tersebut diatas Kantor Kementerian Agama Kab. Sintang melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kemenag Kab. Sintang mengadakan  penerimaan Calon Penyuluh Agama Islam ( PAI ) Non PNS dan Tes seleksi tertulis yang dilaksanakan pada tanggal 25/08/2017 bertempat di Sekolah Tinggi Agama Islam ( STAIMA ) Al-Ma’arif Sintang Jl. Akcaya III Sintang

Tes tertulis Tenaga Penyuluh Agama Islam Non PNS ini dibuka langsung oleh Plh. Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sintang H. Aswad, S. IP didampingi Panitia pelaksana Istanto, S. Pd. I dan Aswad Yusufl  dan diikuti sebanyak 79 orang peserta.

Dalam sambutannya Plh. Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sintang H. Aswad, S. IP menyatakan di hadapan para peserta tes bahwa rekrutmen ini dilaksanakan dalam rangka memenuhi kebutuhan Kouta yang belum terpenuhi tenaga penyuluh Agama Islam yang masih minim di tengah masyarakat di Kab. Sintang

"Alhamdulillah Kemeneterian Agama dalam hal ini Direktorat Jenderal Bimas Islam membuat terobosan melalui rekrutmen ini walaupun masih bersifat kontrak kerja dengan peserta yang nantinya dinyatakan lolos. Untuk itu saya berharap tes tulis ini bisa diikuti dengan baik dan bisa menghasilkan hasil yang diharapkan oleh semua pihak," ucap beliau

Saya harapkan kepada pihak panitia rekrutmen tenaga Penyuluh Agama Islam Non PNS ini betul-betul bekerja dengan profesional sehingga rekrutmen berjalan dengan baik,berkualitas dan tepat sasaran tutup Aswad.

Hasil tes tulis Rekrutmen penyuluh Agama Islam Non PNS ini akan diumumkan dalam waktu dekat untuk selanjutnya akan dibuatkan SK Pengangkatannya. ( akil, sintang )

Berita: