Perlombaan Gerak Jalan Dalam Rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019 Bertempat Di Depan Pendopo Bupati Sintang, Kamis 15 Agustus 2019. 

Perlombaan lni Dihadiri Oleh Bupati Sintang Jarot Winarno, Kapolres Sintang Adhe Heriadi, Dandim 1205 Sintang Rachmat Basuki, Komandan Batalyon 642 Kapuas Condro Edy Wibowo, Serta Unsur Forkopimda, OPD Kabupaten Sintang dan Instansi Vertikal yang berada di Kab. Sintang dan Tamu Undangan lainnya.

Komandan Kodim 1205 Sintang Letkol Inf Rachmat Basuki melepas Iomba gerak jalan 4 dan 5 KM di depan Pendopo Bupati Sintang. Lomba dilaksanakan dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 Tahun 2019 yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Sintang. Pelepasan lomba ditandai dengan pengangkatan bendara. Lomba gerakjalan 4 dan 5 kilometer ini diikuti oleh pelajar Sekolah Dasar dengan rute yang ditempuh yakni start dimulai di depan Pendopo Rumah Jabatan Bupati Sintang Jalan Merdeka - Jalan Patimura - Jalan Pangeran Kuning - Jalan Alam Bana Wanawai - Jalan M Saad - Jalan Imam Bonjol dan finish di Lapangan Kodim 1205 Sintang 

Sebelum melepas Tim gerak jalan dalam sambutannya Komandan Kodim 1205 Sintang Letkol Infanteri Rachmad Basuki menyatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Sintang mengucapkan terimakasih dengan antusias para pelajar dan masyarakat mengikuti lomba gerak jalan untuk menyemarakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke. 74 tahun 2019

“Tema Hari Kemerdekaan republik Indoensia ke 74 SDM Unggul Indonesia, Pemerintah kabupaten Sintang juga mencanangkan ingin mewujudkan masyrakat Sintang Sehat dan Cerdas dengan melalui ivent gerak jalan 4 hingga 5 kilometer yang melibatkan para pelajar untuk melatih stamina”. Pelepasan lomba gerak jalan 4 dan 5 kilometer di depan Pendopo Rumah Jabatan Bupati Sintang juga dilaksanakan lomba Gerak Jalan 8 kilometer diikuti pelajar SMA yang dilepas secara langsung oleh Kapolres Sintang AKBP Ade Haryadi.

Ditempat yang sama, Kasi Penyelengara Syariah Istanto, S.Pd.I yang juga mewakili Ka.Kankemenag Kab. Sintang turut hadir dalam pelepasan perlombaan gerak jalan tersebut, dimana Ka.Kankemenag berhalangan datang dikarenakan menghadiri pembukaan PENTAS PAI di Pontianak. “Ini sebagai peran sertanya kemenag Kab. Sintang dalam menyemarakkan HUT RI Ke-74, dan kita beri semangat dan do’a kepada anak anak yang ikut lomba gerak jalan ini, supaya diberi kesehatan dalam perlombaan ini”, ucapnya.