Kamis, 20 Juni 2019, 16:18 hendrakesuma

Kementerian  Agam  Kab.  Ketapang dalam  rangka penyelenggara  musim haji  tahun  1440 H / 2019 M  terus di lakukan pemantapan persiapan . Bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kab . Ketapang  pada hari Selasa tanggal 18  juni  2019 di langsungkan  kegiatan  Rapat  Koordinasi  Haji Tahun  1440  H . Dalam rapat koordinasi  tersebut  selain di hadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Ketapang H. Ikhwan Pohan , S. Ag , M. Pd,  Kasi Haji  Hamzah Saputra , S. Sos. I , Sekda Kab . Ketapang yang diwakili oleh Asisten II Pemerintah  Daerah Kab. Ketapang Drs. H. Edi Junaidi S, Kabag Kesra ,  perwakilan  Polres , perwakilan   Dandim  1203 , Satpol PP ,  Kantor   Imigrasi ,    Dinas  Perhubungan ,      Dinas  Kesehatan , Perwakilan Bandara Rahadi Oesman dan Kelompok Bimbingan Ibadh Haji (KBIH) . Adapun peserta Rakor yang hadir padakegiatan tersebut Sebanyak 18 orang .

Hamzah  Saputra  Selaku  Kasi  Penyelenggara Haji  dan Umrah  menyampaikan  bahwa  kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk menyamakan presepsi dan pandangan dalam memberikan pelayanan Kepada calon jemaah haji pada penyelenggaraan haji  tahun 1440 H Khusus calon jemaah haji dari kab. Ketapang sehingga berjalan dengan baik dan lancar . Tahun ini Kab. Ketapang akan memberangkatan calon jemaah haji berjumblah 269 orang .

Asisten II Setda Pemerintah Kab. Ketapang Edi  Junaidi dalam arahannya Menyampaikan Ucapan  terimakasih dan penghargaan setinggi – tingginya kepada seluruh instansi terkait yang telah berusaha secara maksimal supaya penyelenggaraan ibadah haji bagi calon jemaah haji kab . Ketapang berjalan dengan baik, Sukses  dan lacar . Selanjudnya beliau menekankan kepada seluruh instansi terkait untuk menjaga kekompakan karena kegiatan ini selain melaksanakan ibadah secara personal juga membawa nama baik daerah dan juga negara Republik Indonesia tentunya .

Adapun Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Ketapang  H.  Ikhwan Pohan , S.  Ag , M.  Pd  dalam Sambutan nya menyampaikan pentingnya Komunikasi dan Koordinasi  dengan seluruh instansi terkait dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik kepada calon jemaah haji , Karena palaksanaan  ibadah haji ini memiliki Kompleksitas yang tinggi baik dari jenis tugas maupun keterlibatan berbagai pihak, untuk itu pentingnya dan sangat penting kerja bersama-sama mulai dari proses administrasi yang dilaksanakan  di Kementerian Agama ,  maupun pada instansi terkait seperti pihak Bank , Kantor Imigrasi , Dinas Kesehatan dan lain-lain demikian pula yang terkait dengan persiapan ibadah harus dimatangkan sejak awal seperti manasik haji , proses keberangkatan dan kepulangan . Kepala Kantor Kementerian Agama yang biasa dipanggil Pak Pohan berharap bahwa penyelenggaraan ibadah haji tahun ini harus bisa lebih baik dari tahun – tahun sebelumnya .

Selanjudnya peserta Rakor yang dipimpin Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah membahas hal-hal teknis terkait persiapan-persiapan sebelum calon jemaah haji diberangkatkan ke embarkasi  yaitu antara lain membahas biaya lokal , Keamanan berangkat dan pulang , Kesiapan transportasi darat dan udara untuk mengangkut calon jemaah haji , pemeriksaan kesehatan calon jemaah haji sebelum dan setelah pulang dari tanah suci .   (HEN)