Pegawai muslim Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak pada hari kamis (28/9), pukul 10.41 WIB melaksanakan Khataman Qur’an. Kegiatan yang dilaksanakan di aula Kemenag Kota Pontianak ini dilaksanakan dalam rangka menyelesaikan pembacaan al-qur’an yang selama ini dilakukan secara bersama-sama rutin setiap ba’da ashar. Ada tujuan yang ingin dicapai dengan pembacaan Al-Qur’an secara rutin tersebut adalah dalam upaya mendekatkan diri dengan wahyu dari Allah SWT dan mendapatkan keridhaan-Nya.

Khataman Qur’an dimulai dengan acara pembukaan, kemudian sambutan ketua panitia yang disampaikan oleh Sunardi,SH,M.Si Kasubbag T.U dan sambutan Kepala Kemenag Kota Pontianak, Drs.H.Jawani. Kemudian, barulah khataman dimulai. Setelah itu acara penutup dengan pembacaan do’a dan makan bersama.

Khataman ini dipimpin oleh Busroh ,Penyelenggara Syari’ah Kantor Kemenag Kota Pontianak. Sebanyak delapan orang PNS yang merupakan perwakilan pegawai muslim ikut serta dalam proses khataman ini . Pegawai tersebut meliputi Drs. Aspan, Syafe’I, S.Ag, (pengawas madrasah/sekolah), Sumiati.J, S.Sos.I , M.Si (Staf Pelaksana administrasi di Seksi Pendidikan Agama Islam), Suhardi (Staf Pelaksana administrasi di Seksi Pendidikan Madrasah), Subanria (Staf Pelaksana administrasi pada Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah), Usman,S.Sos.I, Eva Afifah Muyassarah ,S.Ag (Penyuluh Fungsional Agama Islam), dan Najipah ( Staf Pelaksana Administrasi pada Subbag Tata Usaha Kemenag Kota Pontianak). Acara ini disaksikan hampir seluruh pegawai Kantor Kemenag Kota Pontianak baik yang muslim maupun non muslim.

Sebelum dimulai,Busroh menyampaikan rangkaian ayat yang akan dibacakan pada acara khataman ini. “Kami akan memulai dari surah At-Takasur diakhiri dengan surah Al-A’raf, dilanjutkan dengan kita membaca bersama Al-Ikhlas,Al-Falaq,An-Naas,Al-Fatihah kemudian kita akhiri dengan surah Al-Baqarah sampai ayat Ulaika humul muflihun,selanjutnya do’a khataman qur’an,” papar mantan anggota dewan hakim pada kegiatan MTQ tingkat Kota Pontianak dan Kalimantan Barat tahun 2016 kepada para pegawai Kemenag Kota Pontianak yang hadir.

Setelah pembacaan do’a ,acara dilanjutkan dengan santap bersama yakni makan bersama dengan menu pulut kuning, nasi tumpeng ayam panggang. Sangat terasa sekali kenikmatan pada acara khataman qur’an ini. Terlihat kebersamaan dan kekompakan para pegawai. Alhamdulillah khataman qur’an yang pertama kali digelar di Kemenag Kota Pontianak ini berjalan dengan sukses dan semoga Allah SWT meridhai dan memberkahinya. (Gunawan_Ptk).

Berita: