Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak, H. Ekhsan, S.Ag, M.Si pada hari jum’at sore (3/8/2018) menyampaikan rencananya akan mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan dalam rangka memenuhi persyaratan pembangunan bangunan pelayanan haji terpadu di lingkungan Kemenag Kota Pontianak. “ alhamdulillah, untuk saat ini segala persyaratan yang diminta oleh bagian perencanaan waktu kunjungan pertama, sudah memenuhi syarat dan ini kunjungan kedua kalinya. Maka dalam hal ini insyaallah dalam waktu dekat kita akan mempersiapakan syarat-syarat kekurangan ,” katanya saat dimintai keterangan terkait kunjungan Kepala Biro Perencanaan Sekjen Kementerian Agama R.I, beberapa menit setelah Ali Rohkmad pamit meninggalkan Kemenag Kota Pontianak.

Kuasa Pengguna Anggaran Kemenag Kota Pontianak ini melanjutkan peryaratan-persyaratan yang masih harus dipenuhi. “ Diantaranya review hasil ataupun penghapusan gedung lama untuk pembangunan gedung baru pelayanan haji terpadu,” lanjutnya.

Mantan Kepala Kemenag Ketapang ini juga menuturkan bahwa rencananya nanti pembangunan tersebut akan dilaksanakan dua tahap. “ insyaallah ini bisa kita wujudkan, bahkan dalam hasil diskusinya tadi , kita bisa lakukan dua tahap, tahap pertama dan tahap kedua. Alhamdulillah kita mencoba nanti mensiasatinya. Agar bagaimana layanan haji kita yang selama ini cukup besar, cukup banyak, bisa menjadi layanan terbaik,” tuturnya.

Jika nanti bagunan pelayanan haji tersebut sudah berhasil dibangun , ASN yang pernah dua puluh tahun bertugas di Kemenag Kabupaten Sintang ini berharap akan ada MOU dengan pihak bank. “Saya selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak berharap dengan terbangunnya gedung layanan haji terpadu kita akan mengadakan MOU dengan bank terkait, yaitu Bank Penerima Setoran Haji. Sehingga para jama’ah bisa datang ke Kementerian Agama, disitu bisa daftar haji, disitu bisa setor haji dan mendapatkan porsi atau quota keberangkatan tahun berapa,” harapnya.

Sebagaimana diketahui beberapa menit sebelumnya, kantor yang dipimpin oleh H.Ekhsan,S.Ag,M.Si mendapat kunjungan tamu istimewa dari Kementerian Agama pusat, yakni Kepala Biro Perencanaan Sekjen Kementerian Agama R.I, Ali Rohkmad. Dan sebelum itu, pada tanggal 8 Juni 2019 bertepatan dengan bulan Suci Ramadhan 1439 Hijriyah, Kemenag Kota Pontianak juga telah dikunjungi tamu dari Kemenag Pusat yakni, Kasubbag Perencanaan Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah.

Kehadiran Ali Rohkmad di Kemenag Kota Pontianak adalah dalam rangka melihat secara langsung lokasi rencana pembangunan kantor pelayanan haji terpadu yang berada di wilayah Kota Pontianak. Berdasarkan keterangan dari Kepala Biro tersebut se-Indonesia ada enam belas titik lokasi yang rencananya akan didirikan bagunan pelayanan haji terpadu, satu diantaranya adalah berada di lingkungan Kemenag Kota Pontianak ini. (Gunawan_Ptk).

Berita: