SINGKAWANG_Selasa (13/6) Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan 1438 H di Masjid Al Muthalibin yang beralamat di jalan Malindo Teluk Karang Kelurahan Sedau Kecamatan Singkawang Selatan.

Rombongan Safari Ramadhan hadir sekitar pukul 17.30 atau beberapa saat sebelum waktu berbuka puasa. Rombongan safari ini berjumlah sekitar 50 orang yaitu Kepala Kantor, Kasi dan Penyelenggara serta pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Kepala KUA, Kepala Madrasah MI, MTs dan MAN, Pengawas Madrasah serta Penyuluh PNS dan Non PNS Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang.

Kegiatan Safari Ramadhan diawali dengan buka puasa bersama, dilanjutkan sholat Maghrib, Isya, Tarawih dan Witir berjamaah. Bertindak sebagai imam Tarawih dan Witir pada safari kali ini yaitu Marsudi, S.HI penyuluh fungsional Kantor Kemenag Kota Singkawang.

Usai sholat acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari Kepala Kantor Kemenag Kota Singkawang, Drs. H. Nahruji, M.Si. Dalam sambutannya Nahruji menyampaikan bahwa kegiatan safari ini dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan dan meningkatkan ukhuwah dan silaturahim umat Islam. Pada kesempatan ini juga tak lupa ia menyampaikan bahwa pada bulan Ramadhan selain kita diwajibkan untuk membayar zakat firah, bulan Ramadhan juga merupakan bulan yang tepat untuk membayar zakat mal. Untuk itu ia mengajak para jamaah untuk menghitung jumlah harta yang dimiliki dan apabila telah sampai nisabnya untuk dibayar zakatnya.

Pada kegiatan ini, Kemenag Kota Singkawang juga menyerahkan sertifikat wakaf masjid Al Muthalibin kepada pengurus masjid. Rangkaian acara diakhiri dengan penyampaian tausiah oleh H. Muhammad Sahid, SAg yang merupakan salah satu penyuluh non PNS Kantor Kemenag Kota Singkawang.(Jk/hms)

Berita: