Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kubu Raya melalui sub bagian Kepegawaian melaksanakan sosialisasi Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO) dan Penetapan Pensiun Otomatis (PPO) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Sosialisasi ini dimulai kamis(7/12/2017) di MTsN Sungai Kakap, senin(11/12/2017) di MIN Rasau Jaya, rabu(13/12/2017 di MIN Kuala Ambawang, dan jum’at(15/12/2017) di MAN Kubu Raya. Untuk di Kantor dilaksanakan selasa(12/12) dan rabu(14/12) bagi guru PNS Agama Kristen, Katolik, Buddha, dan Islam baik di sekolah umum maupun madrasah swasta serta pegawai di dilingkungan Kantor Kemenag Kubu Raya.

Kepala Kantor Drs. H. Ja’far A dalam pengantarnya sosialisasi KPO dan PPO di kantor Kemenag Kubu Raya, selasa(12/12) mengingatkan pentingnya kinerja dalam kenaikan pangkat. Jika kita inggin naik pangkat maka tingkatkan kinerja kita. Untuk hal ini maka penting sekali kita merubah mindset yang nantinya akan merubah proses kerja dalam peningkatan kinerja, tutupnya.

Tampil sebagai narasumber Analis Kepegawaian Madya M. Ansharuddin, S.Pd.I. yang menyatakan setelah diundangkannya Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai  maka Badan Kepegawaian Negara dalam memberikan pelayanan kepada ASN akan memberlakukan Penetapan Kenaikan Pangkat Otomatis dan Pensiun Otomatis.

Lebih lanjut M. Ansharuddin mengatakan, Layanan KPO & PPO berbasis less-paper dilakukan untuk memangkas dokumen persyaratan administratif yang harus dipenuhi ketika mengajukan usulan Kenaikan Pangkat  dan Pensiun, sehingga proses pengusulan hingga penetapan dapat berjalan singkat tanpa melewati alur yang panjang. Tetapi pada praktiknya, khusus untuk kalangan guru banyak yang kurang paham terkait mekanisme Kenaikan Pangkat Otomatis ini. 
Terdapat sebagian guru yang hanya memahami bahwa dengan adanya penerapan Kenaikan Pangkat Otomatis, itu artinya guru tidak perlu lagi mengumpulkan Angka Kredit. Poin utamanya yakni para guru PNS tetap wajib mengumpulkan angka kredit. Untuk mendapatkan kenaikan pangkat yang mana wajib dibuktikan dengan angka kreditnya bisa mencukupi, jelasnya.

Ansharuddin mengharapkan, kepada ASN Kemenag Kubu Raya untuk  dapat melaksanakan proses KPO dan PPO mulai periode 1 Oktober 2017 dan paling lambat 1 April 2018. Pengusulan dilakukan secara online sesuai dengan mekanisme dan prosedur melalui Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK). (Bond/KKR)

Berita: