MEMPAWAH_Dalam rangka mengisi bulan Ramadhan dengan amaliyah-amaliyah yang bernuansa ibadah, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah yang digagas oleh Kepala Kantor Dra. Hj. Isriyah, (31/06/2017) melakukan serangkaian kegiatan untuk meningkat pemahaman rohani bagi setiap pegawai di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Mempawah di Aula Kantor Kemenag Mempawah.

Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan berdasarkan hasil musyawarah para pejabat, dimulai dari hari ke-3 Ramadhan tanggal 29 Mei 2017 hingga hari ke 27 Ramadhan tanggal 22 Juni 2017. Para penceramah adalah para penyuluh fungsional baik PNS maupun Non PNS di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Mempawah. Penyampaian kultum dimulai oleh Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah Jemaat, S.Ag.

Pemberian tugas lainnya terhadap para penyuluh berdasarkan jadwal yang telah disusun oleh Seksi Bimas Islam. Menurut Jemaat para pemateri kultum yang telah dijadwalkan adalah: Ust. Nurul Huda selaku Penyuluh Non PNS Mempawah Timur, Abdul Ghafur, S.Pd.I Penyuluh Non PNS Kecamatan Sungai Kunyit, H. Syarif Arifin, S.Ag Penyuluh PNS Kemenag Mempawah, H. Maman, S.Hi Kasi PHU, Mahmud Jayadi, S.Ag Kepala KUA Kecamatan Siantan, Apriadi, S.Sos.I Penyuluh Non PNS Kecamatan Mempawah Timur, Herman, S.Hi Kepala KUA Kec. Sui Kunyit

Ahmad Ihsan Penyuluh Non PNS Kecamatan Sungai Pinyuh, Munira, S.Hi Pegawai Kemenag Mempawah, Mukhlis, S.Sos.I Kepala KUA Kecamatan Sungai Pinyuh, Syahrudin, S.Ah Penyuluh PNS, Muhaddab Dg. Sidik Penyuluh Non PNS Sui Kunyit, Firmansyah, S.Hi,M.Pd.I Penyuluh Non PNS Kecamatan Mempawah Timur, Vivi Herawati, S.Ag Penyuluh PNS Kecamatan Sui Kunyit dan Sukihat Penuluh Non PNS Kecamatan Mempawah Timur.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah Hj. Isriyah saat memberikan sambutan mengatakan bahwa pelaksanaan kultum Dhuha selama bulan ramadhan sangat penting mengingat untuk menghidupkan serta membiasakan shalat dhuha beserta zikir-zikirnya, di bulan Ramadhan. “Saya berharap semua pegawai di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Mempawah bisa turut aktif untuk menghadiri kultum atau ceramah agama yang akan disampaikan oleh para penyuluh kita, dengan harapan untuk meningkatkan keimanan ketakwaan kita, serta mendekatkan diri kita kepada Allah SWT”, terang Hj. Isriyah.

Pada kesempatan yang sama, kuliah tujuh menit perdana disampaikan oleh Jemaat, S.Ag. Materi kultum yang disampaikannya berkaitan dengan masalah-masalah hukum di bulan Ramadhan, terutama yang berkaiatan dengan Rukun, Wajib, hal-hal yang dianjurkan, serta hal-hal yang bisa membatalkan puasa, dan diselingi dengan tanya jawab. Tampak beberapa para pegawai yang memberikan pertanyaan seputar masalah hukum-hukum di puasa Ramadhan. (Rudi_Mpw).

Berita: